Berkendara aman di waktu malam, waspada kondisi sekitar. Youtube
Berkendara aman di waktu malam, waspada kondisi sekitar. Youtube

Trik Berkendara Aman di Malam Hari

Otomotif safety riding tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 04 Desember 2019 08:48
Jakarta: Aksi pembegalan membuat banyak pemotor merasa takut kalau keluar malam. Wajar, lantaran tindak kejahatan yang dilakukan para pembegal itu selain merampas motor mereka juga tidak segan melukai korbannya.
 
Meski pihak kepolisian sudah melakukan penanganan dan menangkap sebagian dari mereka, namun jika Anda sering beraktifitas malam, patut mewaspadai aksi begal ini.
 
Safety Riding Promotion (SRP) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), miliki beberapa tips berkendara yang aman dan nyaman berkendara di malam hari. Tapi beberapa hal perlu dilakukan agar tetap dapat berkendara secara baik menghindari beragam masalah saat di jalan raya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa trik yang diberikan adalah memilih dengan tepat waktu bepergian dan rute yang akan digunakan sehingga dapat mengurangi kelelahan berkendara akibat cuaca panas dan kemacetan. Jangan lupa gunakan perlengkapan berkendara yang aman dan dipastikan nyaman.
 
Emosi, menjaga emosi menjadi hal penting ketika di jalan raya. Kontrol emosi yang baik dapat berikan dampak suasana hati yang baik pula saat berkendara sehingga berkendara lebih menyenangkan.
 
“Entah kenapa, pada bulan baik ini kejahatan pembegalan dijalan marak terjadi. Kewaspadaan dan kejelian pengendara wajib ditingkatkan,” jelas Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani melalui keterangan resminya.
 
Beberapa tips untuk menghindari kejahatan begal. Pilih waktu tepat untuk berkendara. Jika terpaksa larut malam, usahakan ada teman. Pilih rute aman dalam hal keramaian dan penerangan. Jangan panik jika ada kendaraan yang mencurigakan dan segara berhenti di tempat ramai ataupun kantor kepolisian sesuai rute yang ditempuh. Meningkatkan kemampuan berkendara anda.
 
Tidak ada satupun orang yang ingin menjadi korban kejahatan ini, waspada dan jeli jadi kunci menghadapi begal. “Selain jeli dan waspada, perencanaan perjalanan dengan motor di malam hari patut diperhatikan. Kemudian hal lain adalah kemampuan berkendara juga dapat menjadi satu tips untuk dapat menghidari kejahatan begal di jalan raya.”
 
Menanggapi kasus begal motor, salah satu anggota Reskrim Polres Tebet, Brigadir D. Kurniawan mengimbau kepada para pengendara untuk selalu waspada saat berkendara.
 
Kurniawan menjelaskan pentingnya waspada saat berkendara. Pria berambut cepak itu menyarankan saat berkendara jangan hanya melihat ke depan saja, tetapi awasi juga keadaan sekitar.
 
"Kalau berkendara jangan fokus ke depan saja, sekalian juga diawasi sekitarnya. Biar selalu siap jika ada kejadian apapun," tutur Kurniawan saat berbincang dengan Medcom.id di Jakarta, beberapa waktulalu.
 
Pria berbadan tegap itu juga menyarankan untuk berkendara iring-iringan jika selama di perjalanan bertemu dengan pengendara lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kemungkinan dibegal.
 
Biasanya pelaku pembegalan melakukan aksinya terhadap pengendara yang sendirian dan di tempat sepi. Kurniawan juga menambahkan jika sampai menjadi korban pembegalan, jangan pernah melawan. Biarkan saja pelaku karena pelaku tidak segan-segan untuk melukai korban.
 
"Kalau menjadi korban pembegalan biarkan saja motornya diambil. Kalo barang hilang bisa dibeli tapi kalau nyawa itu cuma satu," tutup Kurniawan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif