Ducati dan Audi berkerjasama mengembangkan teknologi C-V2X. Ducati
Ducati dan Audi berkerjasama mengembangkan teknologi C-V2X. Ducati

Motor Ducati Bisa Bicara dengan Mobil Audi, Kok Bisa?

Otomotif teknologi otomotif ducati audi
Ekawan Raharja • 21 Januari 2019 17:50
Las Vegas: Ducati terus mengembangkan sistem keamanan untuk meningkatkan keselamatan pengendaranya. Bahkan di masa depan, sepeda motor Ducati bisa berkomunikasi dengan mobil-mobil produksi Audi.
 
Diketahui Kedua perusahaan di bawah Volkswagen Group ini mengembangan fitur New Vehicle-to-everything (V2X) Communication System. Sistem ini memungkinkan kedua kendaraan bermesin beda jenis ini dapat berkomunikasi satu dengan yang lain.
 
Sistem ini dikembangkan sebagai bagian dari strategi Safety Road Map 2025 yang dicanangkan produsen sepeda motor asal Italia tersebut. Sehingga mereka akan terus mengembangkan berbagai sistem keamanan dan teknologi hingga beberapa tahun mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Motor Ducati Bisa Bicara dengan Mobil Audi, Kok Bisa?
 
Secara keseluruhan teknologi yang dinamai C-V2X ini merupakan sistem komunikasi wireless antara pengguna jalan seperti mobil, sepeda motor, pejalan kaki, sepeda, hingga infrastuktur. Teknologi ini membuat kesemuanya, antara kendaraan beserta lingkungannya, dapat berkomunikasi.
 
Demonstrasi teknologi ini sudah dilakukan dengan Audi Q7, Audi A4, dan Ducati Multistratda 1200 Enduro yang dilengkapi C-V2X. Pengendara motor Ducati dan pengemudi mobil Audi bakal mengetahui informasi lalu lintas di depan atau sekitarnya, seperti perempatan jalan, pejalan kaki, dan pesepeda yang rentan menjadi korban di jalan raya hingga infrastruktur sampai kondisi jalanan ketika berkendara. Semua fungsi tersebut disajikan melalui fitur Intersection Movement Assist (IMA).
 
"Demonstrasi ini mereplikasi situasi di mana penggunaan teknologi canggih dapat secara signifikan meningkatkan keselamatan pengendara sepeda motor. Sistem komunikasi langsung C-V2X adalah salah satu proyek utama dari Ducati 2025 Safety Road Map,” tulis Ducati Motor Holding Innovation Manager, Pierluigi Zampieri, dikutip dari situs resmi Ducati.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi