Membeli kendaraan tanpa uang muka, kini bisa didapatkan konsumen. Dok Medcom.id
Membeli kendaraan tanpa uang muka, kini bisa didapatkan konsumen. Dok Medcom.id

'Jaman Now' Bisa Beli Motor atau Mobil Tanpa DP?

Otomotif pembiayaan otomotif
Ahmad Garuda • 17 Januari 2019 06:18
Jakarta: Beli motor tanpa uang muka atau down payment (DP) jadi impian banyak orang. Selain memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan untuk usaha dan lain sebagainya, juga memperbesar peluang penjualan kendaraan lebih tinggi.
 
Mendukung hal tersebut, Otoritas Jasa Keuangan mengeluarkan Peraturan OJK (POJK) No.35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Diharapkan ini bisa mendorong pertumbuhan industri Pembiayaan dan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi.
 
Tapi aturan pembiayaan kendaraan tanpa mengenakan uang muka, hanya diberlakukan bagi Perusahaan Pembiayaan yang memiliki Tingkat Kesehatan Keuangan dengan nilai rasio pembiayaan macet atau NPF Neto lebih rendah atau sama dengan 1 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


'Jaman Now' Bisa Beli Motor atau Mobil Tanpa DP?
 
Ini berlaku untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga. Kemudian juga untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi. Bahkan juga untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.
 
Kepala Departemen Pengawasan IKNB 2 B, Bambang W Budiawan di Jakarta, Rabu (16/1/2019) menekankan, dalam aturan POJK 35/POJK.05/2018 skema DP nol persen tidak wajib diimplementasi pelaku pasar. Artinya, perusahaan tidak akan dikenakan sanksi bila tidak melakukannya.
 
Kalau NPF perusahaan di bawah 1 persen tapi merasa [kendaraan bermotor] bukan bisnis andalannya, maka tidak perlu terapkan DP nol persen dan tidak ada sanksi.
 
"Ketentuan uang muka 0 persen dibolehkan, tapi tidak wajib dan sangat selektif karena hanya berlaku bagi perusahaan pembiayaan yang sehat dan NPF nya di bawah 1% dan diberikan untuk calon debitur yang memiliki profil risiko sangat baik," kata Bambang.
 
'Jaman Now' Bisa Beli Motor atau Mobil Tanpa DP?
 
Karakteristik perusahaan pembiayaan yang sehat ditandai dengan pemilihan atau seleksi segmen market yang jelas dan proses underwriting yang hati-hati.
 
“Dengan demikian tidak perlu dikhawatirkan akan memicu kenaikan NPF, karena Perusahaan Pembiayaan yang layak harus memperhitungkan risiko. Tidak semua calon debitur yang layak bisa mendapatkan DP nol persen ini.”
 
Ketentuan DP nol persen ini juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan alternatif transportasi yang sesuai kemampuannya.
 
Sementara Perusahaan Pembiayaan yang memiliki Tingkat Kesehatan Keuangan dengan kondisi nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 1 persen dan lebih rendah atau sama dengan 3 persen, wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 10 persen dari harga jual kendaraan.
 
Regulasi ini akan terus meningkatkan besaran uang muka yang harus dibayar konsumen pembeli kendaraan, sesuai dengan tingginya angka Rasio NPF Neto.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif