medcom.id: Polaris adalah salah satu manufaktur yang konsisten memproduksi kendaraan dengan konsep unik. Kebanyakan tidak mengikuti pakem industri otomotif global yang dipilih oleh pasar. Namun idealisme untuk membuat sesuatu yang berbeda selalu mereka pertahankan. Seperti yang terlihat pada produk anyar mereka yaitu Polaris Slingshot 2015.
Jika dilihat sepintas, kendaraan ini adalah mobil open wheeler seperti yang dibuat oleh KTM melalui X-Bow atau Ariel melalui produk baru mereka yaitu Atom. Namun kali ini tebakan itu salah, Polaris Slingshot 2015 bukanlah sebuah mobil, melainkan motor dengan konsep 3 roda. Tentang modelnya yang berbentuk mobil pada bagian depan, jadi bagian menarik untuk dikupas.
Mengapa tidak layak disebut sebagai sebuah mobil? di Amerika mobil harus memiliki 4 roda sementara Slingshot hanya memiliki 3 roda, konsekuensinya jelas takkan mendapatkan surat kendaraan sebagai mobil. Hal lain yang menentukan bahwa ini bukan mobil, adalah perangkat safety seperti airbag tidak terdapat di dalamnya.
Hal yang sangat istimewa adalah karena motor ini memiliki kapasitas mesin besar yaitu 2,400 cc yang dialirkan pada roda belakang dengan 5 percepatan. Tenaga maksimal yang mampu disemburkan adalah 173 daya kuda (dk) pada gasingan mesin 6,200 RPM. Itupun hanya dibatasi sampai 7,000 RPM, layaknya seperti mobil.
Berbicara tentang performa, Polaris Slingshot tidak bisa dianggap remeh. Lantaran motor ini pun mampu melakukan manuver lincah seperti drifting layaknya kendaraan roda empat. Apalagi teknologi kontrol elektronik pada roda juga sudah dilengkapi dengan ABS (anti lock brakes), ESC (electronic stability control) dan TC (traction control).
Masih belum percaya kalau Polaris Slingshot adalah sebuah motor roda 3? silahkan alihkan pandangan dari arah samping agar terlihat profil bagian belakang yang memang menyerupai motor. Disini baru akan terbukti, bahwa kendaraan dengan rangka tubular tersebut adalah sebuah motor.
Penasaran? siapkan budget sebesar Rp. 223 juta untuk Slingshot dengan diameter roda depan 17 inci dan belakang 18 inci. Sementara untuk Slingshot SL berdiameter roda depan 18 inci dan 20 inci pada bagian belakang, siapkan budget sebesar Rp. 275 juta. Harga ini baru mengukur kurs mata uang Indonesia pada kurs dollar Amerika. Ceritanya lain lagi kalau ditambahkan pajak barang merah di Indonesia.
Tentu harga ini masih relatif lebih murah ketimbang kendaraan sejenis lain seperti Can-Am Spyder, Morgan V-Twin dan Campagna T-Rex yang menggunakan mesin motor BMW 1,600 cc berikut transmisinya.
medcom.id: Polaris adalah salah satu manufaktur yang konsisten memproduksi kendaraan dengan konsep unik. Kebanyakan tidak mengikuti pakem industri otomotif global yang dipilih oleh pasar. Namun idealisme untuk membuat sesuatu yang berbeda selalu mereka pertahankan. Seperti yang terlihat pada produk anyar mereka yaitu Polaris Slingshot 2015.
Jika dilihat sepintas, kendaraan ini adalah mobil
open wheeler seperti yang dibuat oleh KTM melalui X-Bow atau Ariel melalui produk baru mereka yaitu Atom. Namun kali ini tebakan itu salah, Polaris Slingshot 2015 bukanlah sebuah mobil, melainkan motor dengan konsep 3 roda. Tentang modelnya yang berbentuk mobil pada bagian depan, jadi bagian menarik untuk dikupas.
Mengapa tidak layak disebut sebagai sebuah mobil? di Amerika mobil harus memiliki 4 roda sementara Slingshot hanya memiliki 3 roda, konsekuensinya jelas takkan mendapatkan surat kendaraan sebagai mobil. Hal lain yang menentukan bahwa ini bukan mobil, adalah perangkat
safety seperti
airbag tidak terdapat di dalamnya.
Hal yang sangat istimewa adalah karena motor ini memiliki kapasitas mesin besar yaitu 2,400 cc yang dialirkan pada roda belakang dengan 5 percepatan. Tenaga maksimal yang mampu disemburkan adalah 173 daya kuda (dk) pada
gasingan mesin 6,200 RPM. Itupun hanya dibatasi sampai 7,000 RPM, layaknya seperti mobil.
Berbicara tentang performa, Polaris Slingshot tidak bisa dianggap remeh. Lantaran motor ini pun mampu melakukan manuver lincah seperti
drifting layaknya kendaraan roda empat. Apalagi teknologi kontrol elektronik pada roda juga sudah dilengkapi dengan ABS (
anti lock brakes), ESC (
electronic stability control) dan TC (
traction control).
Masih belum percaya kalau Polaris Slingshot adalah sebuah motor roda 3? silahkan alihkan pandangan dari arah samping agar terlihat profil bagian belakang yang memang menyerupai motor. Disini baru akan terbukti, bahwa kendaraan dengan rangka tubular tersebut adalah sebuah motor.
Penasaran? siapkan
budget sebesar Rp. 223 juta untuk Slingshot dengan diameter roda depan 17 inci dan belakang 18 inci. Sementara untuk Slingshot SL berdiameter roda depan 18 inci dan 20 inci pada bagian belakang, siapkan budget sebesar Rp. 275 juta. Harga ini baru mengukur kurs mata uang Indonesia pada kurs dollar Amerika. Ceritanya lain lagi kalau ditambahkan pajak barang merah di Indonesia.
Tentu harga ini masih relatif lebih murah ketimbang kendaraan sejenis lain seperti Can-Am Spyder, Morgan V-Twin dan Campagna T-Rex yang menggunakan mesin motor BMW 1,600 cc berikut transmisinya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)