Pengendara sepeda motor di Nigeria. Premium Times
Pengendara sepeda motor di Nigeria. Premium Times

Nigeria Pertimbangkan Pelarangan Menggunakan Sepeda Motor

Ekawan Raharja • 14 September 2022 14:00
Lagos: Pemerintah federal Nigeria sedang mempertimbangan larangan penggunaan sepeda motor di seluruh negara bagian. Kebijakan ini dipilih demi meningkatkan keamanan dan stabilitas negara karena sepeda motor banyak digunakan untuk aksi kejahatan.
 
Gubernur Negara Bagian Lagos, Babajide Sanwo-Olu, menyebutkan sepeda motor (mereka biasa sebut okada) menyebabkan banyak masalah. Diketahui para penjahat memanfaatkan sepeda motor untuk aksi kejahatannya, dan rumah sakit pun penuh karena banyak kecelakaan.
 
"Masyarakat dirampas barangnya oleh para perampok yang menggunakan sepeda motor untuk kabur dari lokasi kejahatan," ucap Babajide Sanwo-Olu dikutip dari Premium Times.
 
"Rumah sakit penuh diisi oleh para korban kecelakaan okada, para dokter sibuk menangani kondisi darurat, dan para penjahat yang mengendarai okada yang tidak terdaftar membuat resiko keamanan yang besar."
 
Saat ini Babajide Sanwo-Olu sudah memberikan larangan di 6 wilayah daerah di bawahnya, mulai dari Ikeja, Surulere, Eti-Osa, Lagos Mainland, Lagos Island, and Apapa. Komisaris Transportasi, Frederic Oladeinde, pun kemudian mencatat kondisi setelah pelarangan berlangsung dan hasilnya positif dalam menurunkan angka kejahatan dan kecelakaan.
 
"Di daerah yang terkena dampak dalam periode yang ditinjau, catatan yang tersedia menunjukkan bahwa tingkat kejahatan dan kecelakaan berkurang secara astronomis masing-masing sebesar 86 persen dan 63,7 persen," ungkap Frederic Oladeinde.
 
Melihat hasil ini, negara mempertimbangkan pelarangan penggunaan sepeda motor di seluruh wilayah. Menteri Kehakiman Nigeria, Abubakar Malamim menyebutkan larangan ini untuk kepentingan negara.
 
"Sebagai sebuah bangsa, setiap ancaman terhadap keamanan nasional mengharuskan kita mengorbankan sesuatu untuk melindungi warga Nigeria," ungkap Malamin.
 
Dengan populasi lebih dari 200 juta orang, Nigeria adalah negara terpadat keenam di dunia dengan angka penjualan sepeda motor tahunan lebih dari 500 ribu unit. Namun dia menganggap ini bukan hal yang sulit karena hanya 20 persen masyarakat yang menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasi utama.
 
“Apapun cara yang sedang dipertimbangkan (kemungkinan pelarangan), ini adalah pengorbanan yang kami lihat sebagai upaya untuk membantu mengatasi tantangan keamanan. Saya pikir pengorbanannya tidak terlalu banyak dan layak untuk dipertimbangkan.”
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif