Xavier de Soultrait jadi pemenang di etape ketiga Dakar Rally 2019. Yamaha
Xavier de Soultrait jadi pemenang di etape ketiga Dakar Rally 2019. Yamaha

Berat di Navigasi, De Soultrait Menangi Etape-3 Motor

Otomotif balap motor yamaha ktm honda motor dakar rally
Ahmad Garuda • 10 Januari 2019 10:09
Peru: Tantangan berat para pereli mulai terlihat di etape ketiga Dakar Rally 2019. Bukan hanya karena sulitnya medan, namun sistem pembacaan navigasi yang sulit, mulai menghantui para pereli. Banyak pereli yang tersesat bahkan memakan waktu yang lama untuk mendapatkan jalur utama lagi.

Namun hal ini justru menjadi keuntungan tersendiri bagi Xavier de Soultrait, pereli tim Yamaha yang sanggup tampil nyaris sempurna. Ia mampu melewati tantangan pembacaan navigasi yang sulit sepanjang 331 km dari San Juan de Marcona ke Arequipa.

"Ini adalah etape yang cukup cepat dan mengingatkanku di ajang Baja Race. Beberapa tempat menjadi sangat tricky dan saya tetap fokus memperhatikan sistem navigasi. Bagi saya, ini adalah awal, karena di etape-etape sebelumnya tidak maksimal. Besok juga akan menyajikan etape yang sulit, sekarang yang terpenting adalah tetap meraih kemenangan tanpa memaksakan performa. Balapan masih panjang," klaim De Soultrait.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Meski meraih kemenangan, namun posisinya di klasemen pencetak waktu tercepat, masih berada di luar 5 besar dengan selisih waktu nyaris 17 menit. Artinya, Ia harus mulai tampil agresif meraih hasil bagus di setiap etape, agar tidak ketinggalan semakin jauh. Pereli yang justru tampil konsisten adalah Pablo Quintanilla yang menggunakan Husqvarna. Walaupun belum pernah meraih kemenangan etape dalam 2019 ini, namun Ia jadi pemimpin klasemen waktu tercepat sementara dengan selisih 11 menit dari pereli Honda yang menghuni posisi kedua yaitu Kevin Benavides.

Kabar buruk justru datang dari Joan Barreda Bort. Pereli andalan tim Honda Racing itu kembali mengalami masalah yang membuatnya kandas di km ke 143 etape ketiga. Sementara Matthias Walkner dan Ricky Brabec yang juga tampil kompetitif sepanjang dua etape sebelumnya, justru mengalami masalah navigasi.

Hasil etape-3 kategori motor Dakar Rally 2019:
1. Xavier de Soultrait, Yamaha, 04h 07m 42s
2. Pablo Quintanilla, Husqvarna, +15s'     
3. Kevin Benavides, Honda, +2m 37s    
4. Adrien van Beveren, Yamaha, +6m 42s     
5. Sam Sunderland, KTM, +8m 26s

Klasemen sementara kategori motor Dakar Rally 2019:
1. Pablo Quintanilla, Husqvarna, 8h 34m 28s
2. Kevin Benavides, Honda, +11m 23s
3. Sam Sunderland, Honda, +12m 12s
4. Adrien van Beveren, Yamaha, +13m29s
5. Toby Price, KTM, +15m17s


(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi