Yamaha E01. Yamaha
Yamaha E01. Yamaha

Teknologi Otomotif

Di Masa Depan, Pengendara Gak Bakalan Jatuh Dari Motor

Ekawan Raharja • 30 November 2022 14:00

Hamamatsu: Yamaha melakukan inovasi untuk meningkatkan keselamatan para pengendara motornya di masa depan dengan menghadirkan teknologi bernama Advanced Motorcycle Stability Assist System (AMSAS). Fitur ini memungkinkan para pengendara motor pabrikan berlogo garpu tala tidak akan terjatuh kala motor sedang diam atau di kecepatan rendah.
 
Salah satu teknologi sistem bantuan pengendara yang sedang dikerjakan Yamaha. Pabrikan berlambang garpu tala ini sudah menetapkan target ambisius untuk mencapai nol kecelakaan sepeda motor pada tahun 2050.
 
AMSAS bekerja dengan memanfaatkan informasi yang didapatkan secara real time dari 6-axle Inertial Measurements Unit (IMU). Teknologi IMU ini diketahui juga dipakai pada Yamaha R1.
 
Kemudian teknologi ini diuji coba dengan menggunakan Yamaha R3. Uji coba pertama motor itu sedang melaju dalam kecepatan rendah tanpa pengendara di bawah kecepatan 5 km/jam.
 
AMSAS bekerja membantu stabilitas pada kecepatan rendah di bawah 5 km/jam, yang pada dasarnya menciptakan sepeda motor self-balancing yang menjaga motor tetap tegak. Bahkan Ketika dites motor itu bisa berbelok sendiri tanpa terjatuh, bahkan tanpa pengemudi sekali pun.
 
Pengembangan AMSAS ini menjadi bagian dari program CMC atau Connected Motorcycle Consortium untuk peningkatan aspek keselamatan mobilitas masa depan. Proyek ini terdiri dari sejumlah merek otomotif yakni BMW, Honda, KTM, Yamaha, Suzuki, dan Triumph.
 
CMC mengembangkan ekosistem kendaraan yang terhubung untuk memungkinkan kendaraan berkomunikasi satu sama lain dan mencegah kecelakaan. Ini akan melibatkan sejumlah besar kerjasama dan pengembangan bersama antara produsen tersebut.
 


 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif