Mandalika - Pasca terjadinya kecelakaan yang melibatkan Marco Bezzecchi dan Marc Marquez di tikungan ke-7 Sirkuit Mandalika, jadi bahan bahasan para pembalap yang berlaga di dalamnya. Pembalap Castrol Honda, Joan Mir Mengatakan bahwa gravel di tikungan itu harusnya dihilangkan.
"Ini sangat berbahaya ketika dilihat secara kasat mata. Lantaran adanya perbedaan level ketinggian antara gravel dengan aspal, sepertinya itu yang menghantam bahu Marc Marquez. Bahkan ketika Marco Bezzecchi melindas itu, Ia juga langsung terhempas cukup keras," kritik Joan Mir.
Ia juga menegaskan bahwa ketika bagian itu justru diganti dengan aspal sebagai area run-off, tentu akan lebih aman buat para pembalap. Yaitu para pembalap yang mengalami low-side seperti yang dirasakan Marc, jadi lebih aman.
"Saya juga tidak mengerti, mengapa zona run-off-nya adalah gravel. Seandainya di sana adalah aspal, tentu ini menjadi lebih aman bagi Kami."
Baca Juga:
Serunya Lebaran Kustom Kulture Indonesia di Kustomfest 2025
Jika diperhatikan secara layout, Sirkuit Mandalika memang belum menyajikan banyak area run-off dari aspal. Di beberapa tikungan yang dianggap cukup krusial menggunakan run-off aspal, justru jarang terjadi kecelakaan di sana.
Hal inilah yang kemudian menjadi keluhan pembalap. Apalagi dengan adanya perbedaan ketinggian dengan aspal, tentu ini sangat membahayakan para pembalap. Terlebih zona gravel ini juga tidak digemburkan kembali.
Sehingga ketika pembalap menghantamnya dengan keras itu berubah menjadi hantaman keras bagi tubuh pembalap. Tentu ini akan menjadi masukan besar bagi tim safety di MotoGP. Mengingat layout Sirkuit Mandalika diklaim jadi salah satu layout yang cukup menantang bagi para pembalap.
Mandalika - Pasca terjadinya
kecelakaan yang melibatkan
Marco Bezzecchi dan
Marc Marquez di tikungan ke-7 Sirkuit Mandalika, jadi bahan bahasan para pembalap yang berlaga di dalamnya. Pembalap Castrol Honda, Joan Mir Mengatakan bahwa gravel di tikungan itu harusnya dihilangkan.
"Ini sangat berbahaya ketika dilihat secara kasat mata. Lantaran adanya perbedaan level ketinggian antara gravel dengan aspal, sepertinya itu yang menghantam bahu Marc Marquez. Bahkan ketika Marco Bezzecchi melindas itu, Ia juga langsung terhempas cukup keras," kritik Joan Mir.
Ia juga menegaskan bahwa ketika bagian itu justru diganti dengan aspal sebagai area run-off, tentu akan lebih aman buat para pembalap. Yaitu para pembalap yang mengalami low-side seperti yang dirasakan Marc, jadi lebih aman.
"Saya juga tidak mengerti, mengapa zona run-off-nya adalah gravel. Seandainya di sana adalah aspal, tentu ini menjadi lebih aman bagi Kami."
Jika diperhatikan secara layout, Sirkuit Mandalika memang belum menyajikan banyak area run-off dari aspal. Di beberapa tikungan yang dianggap cukup krusial menggunakan run-off aspal, justru jarang terjadi kecelakaan di sana.
Hal inilah yang kemudian menjadi keluhan pembalap. Apalagi dengan adanya perbedaan ketinggian dengan aspal, tentu ini sangat membahayakan para pembalap. Terlebih zona gravel ini juga tidak digemburkan kembali.
Sehingga ketika pembalap menghantamnya dengan keras itu berubah menjadi hantaman keras bagi tubuh pembalap. Tentu ini akan menjadi masukan besar bagi tim safety di MotoGP. Mengingat layout Sirkuit Mandalika diklaim jadi salah satu layout yang cukup menantang bagi para pembalap.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(UDA)