medcom.id, Bogor: Segmen sepeda motor moped (bebek) premium kembali bergairah setelah hadirnya Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150. Yup, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Kamis 12/3 kemarin menghadirkan motor bebek andalannya, dengan perubahan yang menyeluruh.
Wajah lama Jupiter MX 135 masih bisa terlihat dari bentuk headlamp yang masih mirip, namun kini bagian bodi depan lebih menonjol dan bergaris tajam. Pada bagian ini berisi lampu senja dengan LED pada MX King 150. Sedangkan pada Jupiter MX 150 menjadi air scoop.
Bentuk bodi depan yang tajam ini terinspirasi dari YZF-R1 terbaru, sedangkan bagian belakang, terinspirasi dari YZF-R25 dan MT-07 seperti bentuk tail lamp dan fendernya. "Makanya kita sendiri menyebutkan sebagai the sport moped," papar Radityo Andi Dharma, Head Marketing and Brand Strategy YIMM.
Pada bagian dek tengah, penuh dengan garis-garis bodi yang seakan-akan menggambarkan otot motor ini. Lampu sein yang menyatu dengan bodi layaknya Nmax dan All New Soul GT.
Sedangkan untuk mesin, kini membesar jadi 150 cc, SOHC, 4 valve dengan pendingin cairan dan sudah injeksi. Menurut Muhammad Abidin, GM Aftersales and Motorsport Division YIMM, mesin ini sama persis dengan milik New V-Ixion Lightning. "Termasuk rasio, hingga transmisi lime percepatannya. Perbedaan hanya pada rasio final gear," katanya.
Mesin ini memiliki keluaran tenaga hingga 15,1 daya kuda pada putaran 8.500 RPM, kemudian torsi maksimum mencapai 13,8 Nm dipuatarn 7.000 RPM. Torsi ini menjadi yang terbesar di kelasnya.
Bergeser pada bagian kaki-kaki yang kini tampil lebih padat khususnya dibagian belakang, dengan pelek belakang terbesar dikelasnya yakni 3.50 inci dibalut ban berukuran 120/70-17, sedang ban depan 70/90-17. Ukuran ini terlihat timpang, namun Yamaha punya alasan tersendiri.
"Ini pertimbangan dari tim riset yang menganggap ban ukuran ini tak perlu diubah untuk mendukung kelincahan manuver dari motor ini," sambung Abidin lagi.
Kemudian perbedaan antara Yamaha MX KIng 150 dan Jupiter MX 150 yakni pada fitur-fitur yang dimilikinya. Misal bohlam MX King pakai halogen HS1, sedang Jupiter MX 150 bohlam biasa. Warna tuas rem dan kopling hitam dan silver, dan lampu senja menggunakan LED dan non LED.
Kemudian handel seat warna silver, kombinasi warna jahitan pada jok, tampilan LCD warna putih pada MX King dan putih di Jupiter MX 150. Kemudian MID berbanding odometer digital pada Jupiter MX 150. Lalu ada warna monosok belakang, pin stripe pada pelek, footstep dan warna kaliper rem.
Dengan harga jual Rp18,95 juta (MX King 150) dan Rp18,45 juta (Jupiter MX 150), kompetitor terdekat harus waspada. Terlebih motor ini tampil dengan perubahan yang cukup besar.
Spesifikasi MX King 150 dan Jupiter MX 150 :
DIMENSI
P X L X T : 1970mm X 670mm X 1080mm
Jarak sumbu roda : 1290mm
Jarak terendah ke tanah : 135mm
Tinggi tempat duduk : 780mm
Berat isi : 116 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,2 L
MESIN
Tipe mesin : 4-tak berpendingin cairan, SOHC
Diameter X Langkah : 57,0 X 58,7mm
Perbandingan kompresi : 10,4 : 1
Daya maksimum : 15,1 Hp / 8500 rpm
Torsi maksimum : 13,8 Nm / 7000 rpm
Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
Sistem pelumasan : basah
Sistem bahan bakar : fuel injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
RANGKA
Tipe rangka : Backbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swingarm
Ban depan : 70/90-17 M/C (38P)
Ban belakang : 120/70-17 M/C (58P)
Rem depan : Single disc brake
Rem belakang : Single disc brake
KELISTRIKAN
Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V / YTZ4V
Tipe busi : NGK / CR8E
medcom.id, Bogor: Segmen sepeda motor moped (bebek) premium kembali bergairah setelah hadirnya Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150.
Yup, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Kamis 12/3 kemarin menghadirkan motor bebek andalannya, dengan perubahan yang menyeluruh.
Wajah lama Jupiter MX 135 masih bisa terlihat dari bentuk headlamp yang masih mirip, namun kini bagian bodi depan lebih menonjol dan bergaris tajam. Pada bagian ini berisi lampu senja dengan LED pada MX King 150. Sedangkan pada Jupiter MX 150 menjadi
air scoop.
Bentuk bodi depan yang tajam ini terinspirasi dari YZF-R1 terbaru, sedangkan bagian belakang, terinspirasi dari YZF-R25 dan MT-07 seperti bentuk tail lamp dan fendernya. "Makanya kita sendiri menyebutkan sebagai the sport moped," papar Radityo Andi Dharma,
Head Marketing and Brand Strategy YIMM.

Pada bagian dek tengah, penuh dengan garis-garis bodi yang seakan-akan menggambarkan otot motor ini. Lampu sein yang menyatu dengan bodi layaknya Nmax dan All New Soul GT.
Sedangkan untuk mesin, kini membesar jadi 150 cc, SOHC, 4 valve dengan pendingin cairan dan sudah injeksi. Menurut Muhammad Abidin,
GM Aftersales and Motorsport Division YIMM, mesin ini sama persis dengan milik New V-Ixion Lightning. "Termasuk rasio, hingga transmisi lime percepatannya. Perbedaan hanya pada rasio final gear," katanya.
Mesin ini memiliki keluaran tenaga hingga 15,1 daya kuda pada putaran 8.500 RPM, kemudian torsi maksimum mencapai 13,8 Nm dipuatarn 7.000 RPM. Torsi ini menjadi yang terbesar di kelasnya.

Bergeser pada bagian kaki-kaki yang kini tampil lebih padat khususnya dibagian belakang, dengan pelek belakang terbesar dikelasnya yakni 3.50 inci dibalut ban berukuran 120/70-17, sedang ban depan 70/90-17. Ukuran ini terlihat timpang, namun Yamaha punya alasan tersendiri.
"Ini pertimbangan dari tim riset yang menganggap ban ukuran ini tak perlu diubah untuk mendukung kelincahan manuver dari motor ini," sambung Abidin lagi.
Kemudian perbedaan antara Yamaha MX KIng 150 dan Jupiter MX 150 yakni pada fitur-fitur yang dimilikinya. Misal bohlam MX King pakai halogen HS1, sedang Jupiter MX 150 bohlam biasa. Warna tuas rem dan kopling hitam dan silver, dan lampu senja menggunakan LED dan non LED.
Kemudian handel seat warna silver, kombinasi warna jahitan pada jok, tampilan LCD warna putih pada MX King dan putih di Jupiter MX 150. Kemudian MID berbanding odometer digital pada Jupiter MX 150. Lalu ada warna monosok belakang,
pin stripe pada pelek,
footstep dan warna kaliper rem.
Dengan harga jual Rp18,95 juta (MX King 150) dan Rp18,45 juta (Jupiter MX 150), kompetitor terdekat harus waspada. Terlebih motor ini tampil dengan perubahan yang cukup besar.
Spesifikasi MX King 150 dan Jupiter MX 150 :
DIMENSI
P X L X T : 1970mm X 670mm X 1080mm
Jarak sumbu roda : 1290mm
Jarak terendah ke tanah : 135mm
Tinggi tempat duduk : 780mm
Berat isi : 116 kg
Kapasitas tangki bensin : 4,2 L
MESIN
Tipe mesin : 4-tak berpendingin cairan, SOHC
Diameter X Langkah : 57,0 X 58,7mm
Perbandingan kompresi : 10,4 : 1
Daya maksimum : 15,1 Hp / 8500 rpm
Torsi maksimum : 13,8 Nm / 7000 rpm
Sistem starter : elektrik starter & kickstarter
Sistem pelumasan : basah
Sistem bahan bakar : fuel injection
Tipe kopling : basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi : constant mesh 5-kecepatan
RANGKA
Tipe rangka : Backbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swingarm
Ban depan : 70/90-17 M/C (38P)
Ban belakang : 120/70-17 M/C (58P)
Rem depan : Single disc brake
Rem belakang : Single disc brake
KELISTRIKAN
Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V / YTZ4V
Tipe busi : NGK / CR8E
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(UDA)