Mengapa Rem ABS Tak Dijual Umum?
Bosch tidak menjual ABS kepada end-user. Bosch
Karawang: Hingga saat ini anti-lock braking system (ABS) tidak dijual secara umum. Sistem ini memerlukan penanganan khusus sehingga pemasangannya tidak bisa dilakukan sembarangan.

Central Sales Manager divisi Original Equipment Bosch Indonesia, Bernard Simanjuntak, menjelaskan hingga saat ini Bosch hanya menawarkan ABS kepada pabrikan otomotif. Menurutnya pemasangan ABS tidak bisa sembarangan dilakukan karena terkait dengan ECU.

"Pemasangan ABS itu mesti dilakukan secara menyeluruh. Perlu penyesuaian semua komponen dari sensor, kelistrikan, modular, dan komponen lain terkait," ujar Bernard Simanjuntak di sela-sela ASEAN Automobile Safety Forum 2018 pada Selasa (13/11/2018) di Karawang Jawa Barat.

Disebutkan juga komponen ini juga tidak bisa dipasang oleh bengkel-bengkel umum rekanan Bosch. Jika pemasangan ABS dilakukan maka akan mengubah sejumlah hal di sepeda motor.


"Kalau melakukan ubahan, nanti garansi sepeda motor bisa hangus. Bosch tidak mau itu terjadi."

Tetapi saat ini beberapa sepeda motor berkapasitas mesin kecil sudah mulai disematkan ABS. Sebut saja Suzuki GSX-R 150, Honda PCX, Yamaha Nmax, hingga Yamaha FreeGo menggunakan ABS dengan model satu channel.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id