Jakarta: All New Honda Vario 125 resmi diluncurkan, Senin, 1 Desember 2025. Menariknya Vario 125 terbaru ini tidak menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) seperti pada beberapa model lainnya.
Rangka eSAF adalah rangka yang dikenalkan pada 2019 dan digunakan pada beberapa model Honda seperti Genio, BeAT, Scoopy, hingga Vario 160.
Hikaru Yokomura, Vario 125 Large Project Leader, Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd, menjelaskan Vario 125 terbaru tak memakai eSAF namun menggunakan rangka underbone konvensional berbahan pipa tubular karena beberapa pertimbangan.
"Frame yang digunakan bukan eSAF, kami menggunakan pipe frame (rangka tubular). Kenapa kami menggunakan pipe frame karena disesuaikan dengan kebutuhan engine, sehingga melengkapi dengan engine yang digunakan. Satu paket," ujarnya.
Baca juga:
All New Honda Vario 125: Nyaman, Lincah, Irit!
Ia menambahkan, penggunaan rangka pipa merupakan keputusan teknis yang disesuaikan agar cocok dengan karakter mesin. Kombinasi mesin 125 cc dan rangka tubular dianggap memenuhi aspek keringanan, keseimbangan, serta kenyamanan penggunaan harian.
"Untuk memenuhi supaya lebih ringan dan bisa menyesuaikan keringan untuk model itu sendiri, maka kami menyematkan engine seperti saat ini yang sudah digunakan," lanjutnya.
All New Vario 125 menggunakan mesin 125 cc liquid-cooled berteknologi eSP, yang diklaim mampu mencatat konsumsi bahan bakar hingga 51,7 km/liter. Secara performa, mesin ini menghasilkan tenaga 8,2 kW pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.
Vario 125 terbaru menawarkan kenyamanan dan kepraktisan berkendara dengan tiga pilihan tipe CBS, CBS-ISS, dan Street. Tipe CBS dipasarkan Rp24.410.000 (On The Road Jakarta), tipe CBS-ISS dipasarkan seharga Rp26.065.000 (On The Road Jakarta), sedangkan tipe Street dipasarkan seharga Rp26.499.000 (On The Road Jakarta).
Jakarta:
All New Honda Vario 125 resmi diluncurkan, Senin, 1 Desember 2025. Menariknya Vario 125 terbaru ini tidak menggunakan rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) seperti pada beberapa model lainnya.
Rangka eSAF adalah rangka yang dikenalkan pada 2019 dan digunakan pada beberapa model Honda seperti Genio, BeAT, Scoopy, hingga Vario 160.
Hikaru Yokomura, Vario 125 Large Project Leader, Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd, menjelaskan Vario 125 terbaru tak memakai eSAF namun menggunakan rangka underbone konvensional berbahan pipa tubular karena beberapa pertimbangan.
"Frame yang digunakan bukan eSAF, kami menggunakan pipe frame (rangka tubular). Kenapa kami menggunakan pipe frame karena disesuaikan dengan kebutuhan engine, sehingga melengkapi dengan engine yang digunakan. Satu paket," ujarnya.
Baca juga:
All New Honda Vario 125: Nyaman, Lincah, Irit!
Ia menambahkan, penggunaan rangka pipa merupakan keputusan teknis yang disesuaikan agar cocok dengan karakter mesin. Kombinasi mesin 125 cc dan rangka tubular dianggap memenuhi aspek keringanan, keseimbangan, serta kenyamanan penggunaan harian.
"Untuk memenuhi supaya lebih ringan dan bisa menyesuaikan keringan untuk model itu sendiri, maka kami menyematkan engine seperti saat ini yang sudah digunakan," lanjutnya.
All New Vario 125 menggunakan mesin 125 cc liquid-cooled berteknologi eSP, yang diklaim mampu mencatat konsumsi bahan bakar hingga 51,7 km/liter. Secara performa, mesin ini menghasilkan tenaga 8,2 kW pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.
Vario 125 terbaru menawarkan kenyamanan dan kepraktisan berkendara dengan tiga pilihan tipe CBS, CBS-ISS, dan Street. Tipe CBS dipasarkan Rp24.410.000 (On The Road Jakarta), tipe CBS-ISS dipasarkan seharga Rp26.065.000 (On The Road Jakarta), sedangkan tipe Street dipasarkan seharga Rp26.499.000 (On The Road Jakarta).
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(PRI)