Sensor akan mendeteksi kendaraan lain disekitar motor. AMCN
Sensor akan mendeteksi kendaraan lain disekitar motor. AMCN

Teknologi Otomotif

Teknologi Keselamatan Sepeda Motor Makin Canggih

Otomotif teknologi otomotif motor bosch
Ainto Harry Budiawan • 22 Mei 2018 08:50
Stuttgart: Harus diakui kalau perkembangan teknologi keselamatan untuk sepeda motor, tak sepesat mobil. Padahal, jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor terus meningkat setiap tahunnya.
 
Pengendara roda dua dianggap punya risiko kecelakaan 20 kali lebih tinggi dari pengemudi mobil. Di Jerman misalnya, jumlah kecelakaan pengendara sepeda motor yang mengakibatkan kematian tahun lalu naik sembilan persen.
 
Hal inilah yang mendorong Bosch terus mengembangkan teknologi keselamatan. Tak hanya untuk mobil, tapi juga sepeda motor. Setidaknya saat ini ada tiga teknologi yang terus dikembangkan.
Teknologi Keselamatan Sepeda Motor Makin Canggih
Pertama ada adaptive cruise control, teknologi ini akan menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan arus lalu lintas dan mempertahankan jarak antar kendaraan yang aman. Teknologi ini akan mencegah tabrakan dengan mobil di depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu blind spot detection, sistem  ini terus melakukan pengawasan ke segala arah untuk membantu pengendara sepeda motor berpindah jalur dengan aman. Sensor radar berfungsi sebagai mata mencatat objek di area yang sulit dilihat.
 
Terakhir ada collision alert, sistem ini akan mendeteksi kendaraan lain dan jika terlalu dekat, akan ada sinyal yang menginfokan pengendara agar melakukan pengereman atau berpindah jalur.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif