Stuttgart: Harus diakui kalau perkembangan teknologi keselamatan untuk sepeda motor, tak sepesat mobil. Padahal, jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor terus meningkat setiap tahunnya.
Pengendara roda dua dianggap punya risiko kecelakaan 20 kali lebih tinggi dari pengemudi mobil. Di Jerman misalnya, jumlah kecelakaan pengendara sepeda motor yang mengakibatkan kematian tahun lalu naik sembilan persen.
Hal inilah yang mendorong Bosch terus mengembangkan teknologi keselamatan. Tak hanya untuk mobil, tapi juga sepeda motor. Setidaknya saat ini ada tiga teknologi yang terus dikembangkan.
Pertama ada adaptive cruise control, teknologi ini akan menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan arus lalu lintas dan mempertahankan jarak antar kendaraan yang aman. Teknologi ini akan mencegah tabrakan dengan mobil di depan.
Lalu blind spot detection, sistemĀ ini terus melakukan pengawasan ke segala arah untuk membantu pengendara sepeda motor berpindah jalur dengan aman. Sensor radar berfungsi sebagai mata mencatat objek di area yang sulit dilihat.
Terakhir ada collision alert, sistem ini akan mendeteksi kendaraan lain dan jika terlalu dekat, akan ada sinyal yang menginfokan pengendara agar melakukan pengereman atau berpindah jalur.
Stuttgart: Harus diakui kalau perkembangan teknologi keselamatan untuk sepeda motor, tak sepesat mobil. Padahal, jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor terus meningkat setiap tahunnya.
Pengendara roda dua dianggap punya risiko kecelakaan 20 kali lebih tinggi dari pengemudi mobil. Di Jerman misalnya, jumlah kecelakaan pengendara sepeda motor yang mengakibatkan kematian tahun lalu naik sembilan persen.
Hal inilah yang mendorong Bosch terus mengembangkan teknologi keselamatan. Tak hanya untuk mobil, tapi juga sepeda motor. Setidaknya saat ini ada tiga teknologi yang terus dikembangkan.
.jpg)
Pertama ada
adaptive cruise control, teknologi ini akan menyesuaikan kecepatan kendaraan dengan arus lalu lintas dan mempertahankan jarak antar kendaraan yang aman. Teknologi ini akan mencegah tabrakan dengan mobil di depan.
Lalu
blind spot detection, sistem ini terus melakukan pengawasan ke segala arah untuk membantu pengendara sepeda motor berpindah jalur dengan aman. Sensor radar berfungsi sebagai mata mencatat objek di area yang sulit dilihat.
Terakhir ada
collision alert, sistem ini akan mendeteksi kendaraan lain dan jika terlalu dekat, akan ada sinyal yang menginfokan pengendara agar melakukan pengereman atau berpindah jalur.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)