Ilustrasi. medcom.id
Ilustrasi. medcom.id

Lebih Aman saat Musim Hujan, Ini 4 Keunggulan Ban Motor Tubeless

Adri Prima • 09 November 2022 19:23
Jakarta: Ban motor biasa dengan ban motor tubeless secara umum tidak terlihat perbedaan yang signifikan. Namun, keduanya keduanya memiliki karakter masing-masing.
 
Ban tubeless adalah jenis ban yang tidak menggunakan ban dalam atau ban tabung, sehingga dalam proses perawatan ban ini lebih praktis dibandingkan ban biasa. 
 
Berikut ini beberapa keunggulan ban tubeless dibandingkan ban biasa: 

1. Tidak mudah bocor


Ban tubeless dan ban biasa sama-sama memiliki risiko kebocoran saat digunakan. Hanya saja ban tubeless sedikit lebih tangguh dan lebih tahan dari kebocoran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini disebabkan ban tubeless tak lagi memiliki ban dalam, serta ban ini biasanya diisi juga dengan cairan anti bocor yang bisa menutup lubang halus pada ban. 

2. Lebih mudah ditambal


Saat ban tubeless bocor, kita tak perlu menunggu lama untuk proses penambalan. Menambal ban tubeless lebih hemat waktu, karena tak perlu mengeluarkan ban dalam.
 
Proses penambalan sendiri hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit. Berbeda dengan proses penambalan ban biasa yang butuh waktu sekitar 30 menit.

3. Lebih aman saat musim hujan


Tapak ban tubeless lebih lebar dengan tekstur yang keras dan kokoh. Sementara itu bentuk ulir ataupun kembang ban dibuat lebih dalam dibandingkan ban biasa.
 
Hal ini akan memudahkan pengeluaran air, sehingga daya cengkeram tetap terjaga. Maka dari itu, ban tubeless lebih aman di permukaan jalanan licin saat musim hujan.

4. Manuver motor bebih baik


Penggunaan ban tubeless pada sepeda motor membuat manuver menjadi lebih baik, karena bentuk ban ini lebih solid dan stabil sehingga mampu memberikan daya cengkeram optimal terhadap permukaan jalan. Kelebihan ini juga yang membuat ban tubeless banyak digunakan dalam berbagai ajang balap.
 
(PRI)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif