Honda NSF100 yang bakal digunakan untuk melakukan pembibitan pembalap muda di Indonesia. medcom.id/Ahmad Garuda
Honda NSF100 yang bakal digunakan untuk melakukan pembibitan pembalap muda di Indonesia. medcom.id/Ahmad Garuda

Intip Spesifikasi NSF100 untuk Pembibitan Pembalap Lokal

Otomotif motor konsep motor baru honda motor
Ahmad Garuda • 11 Februari 2019 18:32
Bandung: Pembibitan pembalap nasional ke ajang balap dunia semakin gencar dilakukan beberapa APM roda dua tanah air. Bukan hanya membuka serangkaian proses penjenjangan, namun juga menggunakan spesifikasi motor yang benar-benar sesuai dengan balap dunia.
 
Kebutuhan ini dijawab oleh Honda dengan mendatangkan NSF100 untuk ajang balap lokalnya yaitu Honda Dream Cup (HDC) atau balap motor satu merek di bawah naungan mereka. Kelas balap ini bakal memilih pembalap yang benar-benar punya bakat dan memang potensi melakukan penjenjangan ke balap dunia sangat besar.
 
"Motor ini adalah motor prototipe produksi dan hanya dijual untuk keperluan pembibitan pembalap. Di Thailand sudah digunakan sejak tahun lalu dan tahun ini kami di Indonesia juga akan menggunakannya di HDC. Tentu spesifikasinya sudah disesuaikan, agar pembalap yang ikut balapan di kelas ini benar-benar jadi bibit pembalap yang unggul," klaim Presiden Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Intip Spesifikasi NSF100 untuk Pembibitan Pembalap Lokal
 
Sekilas tentang motor ini, memang sengaja dibuat oleh Honda untuk membuat proses pembibitan pembalap mudanya lebih terarah. Apalagi di segmen pasar otomotif di Asia, terkhusus di ASEAN. Penjenjangan pembalap masih dominan menggunakan motor moped alias bebek.
 
Dimensi dan Bodi
Dimensinya memiliki ukuran yang unik lantaran cukup kecil yaitu panjang 1.956 milimeter (mm), lalu lebarnya 595 mm sementara tingginya 911 mm. Jarak antar sumbu roda berkisar satu meter sehingga tetap memudahkan pembalap cilik melakukan manuver.
 
Jika melihat secara detail, aplikasi pemasangan bodi pun dibuat mirip dengan RC211V. Yaitu motor yang digunakan oleh Nicky Hayden meraih titel juara dunia di 2006 lalu. Termasuk model batok hingga bagian buritan dan penempatan exhaust muffler tepat di bagian moncong belakang.
 
Bodi ini disokong oleh penggunaan rangka yang terbuat dari bahan plat. Material ini sengaja mereka pilih agar memudahkan dari sisi handling, stabil dan centre gravity-nya benar-benar presisi.
 
Intip Spesifikasi NSF100 untuk Pembibitan Pembalap Lokal
 
Mesin
Meski tergolong berkapasitas mesin kecil, namun tenaganya tidak main-main. Yaitu mampu melahirkan 8,4 daya kuda. Sementara untuk torsinya bisa memberikan gaya sebesar 7,4 Newton meter. Tenaga dan torsi tersebut, tercipta dari bore berukuran 53 mm dan stroke 45 mm,
 
Sayangnya di sisi pengkabutan bahan bakar masih menggunakan sistem karburator berukuran 22 mm. Meski demikian, motor ini tetap punya kasta yang cukup tinggi di jajaran motor-motor balap lainnya.
 
Intip Spesifikasi NSF100 untuk Pembibitan Pembalap Lokal
 
Kaki-Kaki
Bagian terunik di motor ini juga terlihat di bagian kaki-kaki. Mulai dari ukuran ban yang menggunakan ring 12 dengan profil depan 100/90 dan belakang 120/80 membuatnya terlihat klop. Ban berukuran tebal ini juga menunjang para pembalap bisa menikung dengan percaya diri karena permukaan ban yang menempel di trek lebih banyak. Sehingga grip lebih kaya.
 
Jika ditinjau dari sisi kompetitor, beberapa pabrikan seperti KTM dan Derbi membuat versi 100 cc dan sifatnya produksi untuk kalangan balap saja. Namun untuk wilayah Asia, motor yang diproduksi KTM dan Derbi, akan cukup mahal jika didatangkan dan dijual kepada tim-tim balap. Sehingga peran APM di Indonesia tentu bisa membuat motor di segmen penjejangan balap ini lebih terjangkau.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif