Ducati XDiavel V4. dok ducati
Ducati XDiavel V4. dok ducati

Mengulik Teknologi dan Fitur Ducati XDiavel V4

Adri Prima • 18 Juni 2025 20:50
Jakarta: Motor Sport Cruiser keluaran Ducati yakni XDiavel V4 terbaru menawarkan performa mesin V4, posisi berkendara khas cruiser, dan desain eksotis yang menjadi karakteristik jenama pabrikan Italia. 
 
Desain ini mengadopsi beberapa elemen kunci Ducati, mulai dari tangki berbentuk tetesan air, tampilan lampu depan yang rapi, hingga lampu sein depan dinamis, terintegrasi ke dalam panel samping.
 
Rodanya mengusung velg jari-jari berbentuk bintang yang terinspirasi dari mobil muscle Amerika. Bagian roda belakang menggunakan ban Pirelli Diablo Rosso III 240/45 diperkuat oleh swingarm aluminium satu sisi, yang menjadi ciri estetika Ducati.

Posisi pengendara dibuat lebih ke depan, dibandingkan XDiavel sebelumnya, namun tetap mempertahankan tampilan khas Low Rider XDiavel. Bentuk jok telah dirubah untuk meningkatkan kenyamanan pengendara sekaligus mempertahankan flyline Ducati Sport Cruiser, dan posisi pijakan kaki yang lebih nyaman.
 
Sokongan handlebar-nya, yang juga memuat dashboard baru berukuran 6,9 inchi. Kursi penumpang, juga direvisi agar lebih nyaman, dapat dilepas dan diganti dengan tailpiece bagi mereka yang menyukai tampilan single-seater.
 
Baca juga:
Ducati XDiavel V4 Terbaru Mulai Diproduksi
 

Mesin V4 Granturismo


XDiavel V4 adalah model kelima, setelah Multistrada, Multistrada Rally, Multistrada Pikes Peak, dan Diavel yang mengadopsi mesin V4 Granturismo 1.158 cc. Konfigurasi ini menghasilkan tenaga 168 hp (123,6 kW) pada 10.750 rpm dan torsi 126 Nm (12,8 kgm) pada 7.500 rpm, dengan respons yang halus dan progresif di semua kecepatan. 
 
Tidak hanya menghasilkan hantaran tenaga yang besar pada semua tingkat kecepatan tetapi juga suara yang memuaskan dan enak didengar. Pasokan bahan bakar diatur oleh ke empat badan throttle dengan satu injektor bagian elips, dengan ukuran bagian yang sesuai yaitu sebesar 46 mm.
 
Pengembangan V4 Granturismo juga mempertimbangkan konsumsi bahan bakar dan kenyamanan, sistem penonaktifan yang diperluas pada bank silinder belakang berfungsi saat mesin berhenti mapun menyala, misalnya di lampu lalu lintas, dan saat berkendara pada putaran rendah dalam kondisi tertentu, guna mengurangi konsumsi bahan bakar. 
 
Saat kecepatan meningkat atau melebihi permintaan torsi tertentu dari pegangan throttle, silinder belakang diaktifkan kembali, menjamin karakter dan kinerja V4 Granturismo. Sistem aktif di semua mode berkendara.
 
Mengulik Teknologi dan Fitur Ducati XDiavel V4

Fitur dan teknologi


Ducati XDiavel V4 bukan cuma soal performa, tapi juga kenyamanan dan teknologi yang bikin pengalaman berkendara makin berkesan.
 
Suspensinya kini lebih empuk berkat garpu depan upside-down 50 mm dan peredam belakang yang lebih nyaman.
 
Soal pengereman, Ducati tetap andalkan Brembo Stylema dengan cakram ganda 330 mm di depan dan kaliper dua piston di belakang. 
 
Paket elektronik mencakup kontrol yang mengatur semua fase berkendara: beberapa berfungsi untuk menyalakan motor, akselerasi dan pengereman, yang lain mengawasi traksi, dan sisanya terkait dengan proses menikung dan keluar dari tikungan.
 
Motor ini juga memiliki teknologi lengkap dar ABS Cornering, Traction Control, hingga Wheelie Control. Ditambah fitur seperti Cruise Control, Power Modes, hingga pilihan mode berkendara yakni Sport, Touring, Urban, dan Wet yang bisa diatur sesuai mood. Keunggulan lainnya, XDiavel V4 juga punya Quick Shift generasi baru buat perpindahan gigi tanpa kopling.
 
Inovasi Ducati Traction Control (DTC) juga telah disematkan pada model XDiavel V4. Meningkatkan manajemen daya saat keluar dari tikungan berkat strategi kontrol "prediktif".
 
Sistem ini bertindak tidak hanya berdasarkan putaran belakang sesaat, namun juga pada variasinya, hal ini mencegah hilangnya cengkeraman dengan lebih cepat dan mengurangi puncak selip, sehingga memastikan intervensi yang lebih cepat dan presisi. 
 
Kontrol dapat diatur ke 4 level berbeda (3 dalam kondisi kering dan 1 dalam kondisi basah), memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan strategi kontrol dengan gaya berkendara dan kondisi cengkeramannya, sehingga memperoleh performa maksimal.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(PRI)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan