Balap liar di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. MI/Ramdani
Balap liar di kawasan Cipinang, Jakarta Timur. MI/Ramdani

Lalu Lintas

Ketemu Balapan Liar di Jalan, Rekam dan Laporkan

Otomotif lalu lintas balap liar
Ekawan Raharja • 25 Mei 2020 14:00
Jakarta: Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat sejumlah ruas jalan menjadi lenggang. Kondisi ini kemudian dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk kebut-kebutan di jalan, dan bahkan ada yang menggelar balapan liar.
 
Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar, meminta kepada masyarakat untuk proaktif melaporkan apabila menemukan balapan liar. Caranya dengan merekam kejadian dan melaporkannya kepada pihak kepolisian.
 
"Kita punya beberapa saluran untuk mengirimkan informasi, lebih mudahnya kirim ke Twitter atau Facebook TMC Polda Metro Jaya. Insya Allah langsung ditindak lanjuti, karena kita berdasarkan informasi yang ada di TMC biasanya kita lebih gerak cepat untuk bisa menindaklanjuti," melalui webinar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia pun meminta kepada masyarakat untuk tidak main hakim sendiri, karena itu bisa membahayakan. Jadi melaporkan kepada pihak kepolisian adalah cara yang terbaik untuk mengatasinya.
 
Selain itu, pihak kepolisian juga sudah melakukan sejumlah antisipasi balapan liar dan tindak kejahatan lainnya di jalan. Mereka melakukan patroli gabungan untuk menjaga kondisi tetap kondusif selama PSBB dan seterusnya.
 
Fahri juga mengklaim pihaknya sudah mendata wilayah-wilayah di DKI Jakarta yang biasanya dijadikan lokasi balapan liar. Biasanya para pembalap memanfaatkan beberapa tempat seperti di Kemayoran, Jl. Asia-Afrika, dan sejumlah daerah lainnya untuk kebut-kebutan.
 
"Sebenarnya bukan hanya kita antisipasi saat PSBB ini saja, karena masa pandemi ini ruas jalan sudah semakin sepi, yang perlu diantisipasi ini adalah jalan yang sepi ini sering dipakai buat balapan."
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif