Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali membuka layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) yang sebelumnya dihentikan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali membuka layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) yang sebelumnya dihentikan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Surat Izin Mengemudi

SIM Habis Di Masa PSBB, Ada Dispensasi Sampai 29 Juni 2020

Otomotif sim surat izin mengemudi
Ekawan Raharja • 08 Juni 2020 09:16
Jakarta: Pihak Kepolisian sudah kembali membuka layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), khususnya di daerah Jabodetabek. Masyarakat yang ingin mengurus SIM-nya yang sudah mati sejak PSBB pun tidak perlu terburu-buru karena pihak Kepolisian memberikan kelonggaran dalam perpanjangan SIM.
 
Dispensasi diberikan untuk SIM yang habis masa berlaku selama Pandemik Covid-19, pada 17 Maret hingga 29 Mei 2020 atau selama layanan ditutup sebelumnya. Perpanjangan bisa dilakukan hingga 29 Juni 2020 untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan saat mengurus perpanjangan SIM.
 
"Sampai dengan 29 Juni itu dispensasinya diperpanjang, jadi artinya masyarakat tidak perlu khawatir dan tidak perlu buru-buru (menghindari antrean membludak)," ungkap Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Lalu Hedwin Hanggara, dikutip dari situs Korlantas Polri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan untuk dispensasinya tidak menutup bisa saja diperpanjang hingga Juli 2020. Hal ini akan diputuskan setelah melihat kondisi dan perkembangan kasus penyebaran virus korona di Jabodetabek.
 
"Nanti dievaluasi lagi. Misalnya situasi masih harus diperpanjang dispensasi, itu pun kita menunggu kebijakan dari Korlantas. Nanti korlantas akan menilai, misalnya bulan Juli sepertinya perlu dispensasi lagi tidak menutup kemungkinan," tegasnya.
 
Dispensasi ini diberikan karena pihak kepolisian baru kembali membuka layanan perpanjangan SIM setelah sekian waktu ditutup. Saat perpanjangan SIM dilakukan, kantor pelayanan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyebaran COVID-19 saat masyarakat ingin memperpanjang SIM.
 
Jam pelayanan pun untuk sekarang ini juga mengalami perubahan. Saat ini pelayanan SIM akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB di hari kerja, dan Sabtu akan dilayani mulai 08.00 WIB sampai 12.00 WIB.
 
"Tentu kita antisipasi, bila antrean dinilai sudah banyak yang berkerumun langsung kita batasi dan tutup. Makanya masyarakat juga jangan terburu-buru karena dispensasi sampai akhir Juni," jelasnya.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif