Amerika Serikat: Honda CR-V hybrid merupakan salah satu mobil keluarga yang didesain ramah lingkungan namun tetap berbeda. Cuma berbeda untuk CR-V hybrid satu ini karena dipersiapkan untuk balap dan tenaga yang ditawarkan sangat mengerikan bagi sebuah mobil sport utility vehicle (SUV).
Honda Performance Development (HPD) di California, Amerika Serikat, dan desainer dari North America Auto Design Division (NAAD) mendesain CR-V hybrid ini agar bisa dipacu di sirkuit. Mereka kemudian juga menggandeng Honda Automotive Development Center (ADC) di Ohio oleh Honda of America Racing Team (HART) untuk memoles performanya agar siap bersaing di lintasan balap.
Akhirnya, CR-V Hybrid Racer mengadopsi mesin V6 hybrid, twin turbo, berkapasitas 2.200 cc. Kemudian untuk ECU mengandalkan McLaren Applied Technologies Tag 400i. Dibekali juga dengan motor hybrid Empel MGU dengan Skeleton Supercapacitors.
Tenaga yang dihasilkan sangat maksimal, mencapai 800 daya kuda. Tenaga tersebut kemudian dilanjutkan ke roda melalui transmisi yang sudah teruji di balapan Indycar.
Penempatan mesin dan transmisi kemudian berpindah ke belakang, dan berefek juga terhadap sistem penggerak mobil yang semula di depan menjadi di belakang. Sama seperti pada mobil-mobil Indycar saat ini.
Sasis menggunakan model tabung dari bahan baja untuk menyangga body CR-V Hybrid Racer, ini adalah hasil karya dan rancangan dari NAAD. Seluruh bagian bodi tetap menggunakan bahan baja dengan setengah bagian bawah adalah konstruksi karbon-komposit, menggabungkan splitter depan yang besar dan spatbor yang melebar.
Spoiler belakang yang besar dan pintu setengah potong model kupu-kupu di kedua sisi untuk pengemudi dan penumpang melengkapi bagian body SUV tersebut.
CR-V Hybrid Racer yang sudah jadi dibalut dengan livery khusus hasil buah pikir Desainer Eksterior Lili Melikian. “Grafisnya terinspirasi dari hybrid powertrain, memancar dari Honda Hybrid Blue ke Honda Racing Red untuk melambangkan dualitas drivetrain,” jelas Melikian.
Dalam pengembangan, proyek tersebut mengusung nama kode yang sesuai The Beast, dengan tampilan yang mengingatkan pada siluet balap GT dan mobil reli Grup B tahun 1980-an dan 1990-an.
"CR-V Hybrid Racer adalah laboratorium elektrifikasi berjalan kami, untuk menginvestigasi di mana pria dan wanita yang bertalenta di HPD bisa mengerjakan elektrifikasi, teknologi hibrida, dan 100 persen bahan bakar terbarukan," ujar Presiden dan Direktur Teknis HPD, David Salters, dikutip dari Carscoops.
Amerika Serikat: Honda CR-V hybrid merupakan salah satu mobil keluarga yang didesain ramah lingkungan namun tetap berbeda. Cuma berbeda untuk CR-V hybrid satu ini karena dipersiapkan untuk balap dan tenaga yang ditawarkan sangat mengerikan bagi sebuah mobil sport utility vehicle (SUV).
Honda Performance Development (HPD) di California, Amerika Serikat, dan desainer dari North America Auto Design Division (NAAD) mendesain CR-V hybrid ini agar bisa dipacu di sirkuit. Mereka kemudian juga menggandeng Honda Automotive Development Center (ADC) di Ohio oleh Honda of America Racing Team (HART) untuk memoles performanya agar siap bersaing di lintasan balap.
Akhirnya, CR-V Hybrid Racer mengadopsi mesin V6 hybrid, twin turbo, berkapasitas 2.200 cc. Kemudian untuk ECU mengandalkan McLaren Applied Technologies Tag 400i. Dibekali juga dengan motor hybrid Empel MGU dengan Skeleton Supercapacitors.
Tenaga yang dihasilkan sangat maksimal, mencapai 800 daya kuda. Tenaga tersebut kemudian dilanjutkan ke roda melalui transmisi yang sudah teruji di balapan Indycar.
Penempatan mesin dan transmisi kemudian berpindah ke belakang, dan berefek juga terhadap sistem penggerak mobil yang semula di depan menjadi di belakang. Sama seperti pada mobil-mobil Indycar saat ini.
Sasis menggunakan model tabung dari bahan baja untuk menyangga body CR-V Hybrid Racer, ini adalah hasil karya dan rancangan dari NAAD. Seluruh bagian bodi tetap menggunakan bahan baja dengan setengah bagian bawah adalah konstruksi karbon-komposit, menggabungkan splitter depan yang besar dan spatbor yang melebar.
Spoiler belakang yang besar dan pintu setengah potong model kupu-kupu di kedua sisi untuk pengemudi dan penumpang melengkapi bagian body SUV tersebut.
CR-V Hybrid Racer yang sudah jadi dibalut dengan livery khusus hasil buah pikir Desainer Eksterior Lili Melikian. “Grafisnya terinspirasi dari hybrid powertrain, memancar dari Honda Hybrid Blue ke Honda Racing Red untuk melambangkan dualitas drivetrain,” jelas Melikian.
Dalam pengembangan, proyek tersebut mengusung nama kode yang sesuai The Beast, dengan tampilan yang mengingatkan pada siluet balap GT dan mobil reli Grup B tahun 1980-an dan 1990-an.
"CR-V Hybrid Racer adalah laboratorium elektrifikasi berjalan kami, untuk menginvestigasi di mana pria dan wanita yang bertalenta di HPD bisa mengerjakan elektrifikasi, teknologi hibrida, dan 100 persen bahan bakar terbarukan," ujar Presiden dan Direktur Teknis HPD, David Salters, dikutip dari Carscoops.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)