Flat Track berbahan Zero DS yang ramah lingkungan. Medcom.id/Ekawan Raharja
Flat Track berbahan Zero DS yang ramah lingkungan. Medcom.id/Ekawan Raharja

Zero Motorcycles Flat Track, Kolaborasi Budi Luhur & Katros Garage

Otomotif modifikasi motor
Ekawan Raharja • 03 Desember 2019 12:09

Jakarta: Universitas Budi Luhur merupakan salah satu civitas akademi yang getol melakukan riset kendaraan listrik. Setelah melakukan pengembangan mobil listrik Blits, mereka kini memiliki rencana untuk mengembangkan sepeda motor.
 
Berbeda dengan Blits yang memang dibangun dari nol, proyek sepeda motor di mulai dari custom bike. Universitas di Selatan Jakarta ini berkolaborasi dengan Katros Garage untuk meng-customZero Motorcycle.
 
Lebih tepatnya, keduanya sepakat untuk mendandani ulang Zero DS bergaya adventure, dan kini berubah menjadi flat track. Konsep ini dipilih karena keduanya tetap ingin memberikan sentuhan kemampuan off road di sepeda motor ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zero Motorcycles Flat Track, Kolaborasi Budi Luhur & Katros Garage
 
Soal kemampuan, baik motor listrik dan baterai yang digunakan belum dilakukan modifikasi. Budi Luhur masih mempertahankan performa 46 daya kuda @ 4.300 rpm dan torsi 106 Nm, dengan jarak tempuhnya mencapai 132 kilometer. Hal ini tidak terlepas dari kapasitas baterainya yang cukup besar, mencapai 7,2 kWh.
 
Berbeda dengan tampilannya, Katros Garage menghadirkan sejumlah ubahan di banyak sektor. Dimulai dari body baru yang dibuat dari bahan Galvanized dan juga single seater berbahan kulit sintetis. Termasuk penggunaan fender depan yang menggunakan bahan serupa dalam pembuatannya.
 
Nuansa klasik coba dihadirkan dengan penggunaan headlamp berbentuk bulat namun sudah memiliki teknologi LED. Pun begitu dengan lampu sein dan stop lamp yang mengadopsi LED.
 
Zero Motorcycles Flat Track, Kolaborasi Budi Luhur & Katros Garage
 
Sektor kaki-kaki depan, menggunakan ban Shinko E 705 120/90-18 dan belakangnya menggunakan Shinko E 705 140/80-17. Khusus bagian suspensi kini menggunakan YSS model monoshock berpadu dengan hub yang dibuat khusus untuk sepeda motor ramah lingkungan ini.
 
Perwakilan Universitas Budi Luhur, Panca, menyebutkan kedepannya sepeda motor ini diteliti mengenai spesifikasi sepeda motor listrik dari Zero Motorcycles, baik itu dari dynamo, baterai, ketahanan, maupun spesifikasi lainnya. "Versi full custom sepeda motor ini akan kembali ditampilkan di IIMS 2020."


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif