Modifikasi mesin Mitsubishi Lancer Evoluiton VIII 2004 khusus untuk kompetisi drag race. Superstreetonline
Modifikasi mesin Mitsubishi Lancer Evoluiton VIII 2004 khusus untuk kompetisi drag race. Superstreetonline

Mitsubishi Lancer Evoluiton VIII, Ubahan Khusus Drag Race

Otomotif mitsubishi modifikasi mobil
M. Bagus Rachmanto • 04 November 2019 07:49
Australia: Hobi menggeber mobil di trek lurus 400 meter membuat Michael Baghdadi terobsesi punya mobil yang bisa berlari kencang. Namun untuk mewujudkan obsesinya itu, ada pekerjaan rumah yang harus Ia selesaikan, yaitu meningkatkan performa mesin Mitsubishi Lancer Evoluiton VIII 2004 tunggangannya.
 
Hal itu Ia lakukan agar bisa menandingi kemampuan mobil bermesin V8 di kompetisi Motive DVD Drag Battle, yang biasanya rutin diadakan di landasan pacu Cootamundra Airfield, Australia.
 
Cara Michael menaikkan performa mesin 2.0 L 4G63 bawaan pabrikan adalah dengan menambahkan turbocharger bersama pemasangan Nitto stroker kit, forged billet steel crank, Manley rods, hingga merubah piston CP untuk penggunaan kompresi tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mitsubishi Lancer Evoluiton VIII 2004 Khusus Drag Race
 
Alhasil, mesin standar 2.0 L yang semula bertenaga 400 daya kuda, kapasitasnya berhasil terdongkrak menjadi 2.2 L, dan tenaganya naik menjadi 950 daya kuda - 1.000 daya kuda. Bahkan kalim Michael, tenaga yang dihasilkan di roda bisa mencapai 1.150 daya kuda, dalam beberapa kali pengujian yang Ia lakukan.
 
Tak ketinggalan ukuran katup/valve yang diperbesar hingga 1mm. Untuk menyupali kebutuhan bahan bakar yang lebih banyak dan cepat, tangki bensin ikut dirubah dan dibuat khusus. Termasuk memasang billet Plazaman intake manifold dan Haltech ECU.
 
Untuk mendukung percepatan perpindahan gigi yang lebih baik, Michael merubah ukuran geardengan yang lebih besar, kemudian dikawinkan dengan five-speed Samsonas sequential transmission bersama pemasangan plat kopling ganda NPC.
 
Mitsubishi Lancer Evoluiton VIII 2004 Khusus Drag Race
 
"Persaingan di Coota sangat kuat, tapi itu tidak membuat saya mundur. Saya malah ingin menunjukkan kemampuan serta bersaing dengan mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Tujuannya untuk mencatatkan waktu tercepat di bawah 8 detik dalam jarak 400 meter," seperti dikutip
 
Modifikasi menarik lainnya datang Lancer model 80an atau di Indonesia dikenal sebagai Lancer SL. Mobil ini pada masanya punya catatan menarik di sirkuit reli pada 1970an. Bahkan Lancer GSR 1600 keluaran 1974 pernah menjadi juara di ajang balap Safari Rally of Kenya, dan mendapatkan julukan King of Cars.
 
Karena kesuksesannya mobil ini pun dibuat versi jalan rayanya dengan mode. Lancer model 1982-1988 yang telah dimodifikasi oleh sang pemilik. Modelnya yang bergaya sporty itu juga punya performa tenaga yang mencapai 135 daya kuda, berkat mesin standar bawaannya turbo 1,8 liter.
 
Lancer Klasik ini Pakai Jantung Pacu Galant
 
Merasa kurang puas, sang pemilik melakukan swap egine meminjam mesin AMG-tuned 2.0L turbocharged dual overhead cam engine kepunyaan Mitsubishi Galant AMG produksian 1990.
 
Alhasil tenaga mesin yang semula 135 daya kuda, sekarang terdongkrank menjadi 170 hp daya kuda. Menarik, pengakuan dari sang pemilik, Anda akan serasa mengendarai Galant AMG jika berada di atasnya.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif