Aksi Jokowi saat menggunakan Kawasaki W175 Custom miliknya. Setpres
Aksi Jokowi saat menggunakan Kawasaki W175 Custom miliknya. Setpres

Motor Custom

Bikin Motor Presiden, Atenx Katros Ekstra Hati-Hati

Otomotif custom bike
Ekawan Raharja • 03 Juni 2020 17:18
Jakarta: Katros Garage merupakan salah satu bengkel custom yang sudah pernah mengerjakan motor custom untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diakuinya selama pengerjaan motor pesanan tersebut terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi, dan harus dikerjakan secara hati-hati.
 
Pemilik Katros Garage, Andi Atenx Akbar, menjelaskan pengerjaan sepeda motor milik presiden ini sebenarnya sama saja ketika membuat sepeda motor pesanan konsumen lainnya. Hanya saja dia pun mengakui harus berhati-hati karena kuda besi ini akan digunakan oleh presiden untuk kebutuhan di jalan raya.
 
"Motor itu basisnya Kawasaki W175, sebelumnya saya sudah pernah (mengerjakan) basis yang sama. Rasanya sama dengan motor lainnya. Ketika saya bikin, pas inget ini motor Jokowi jadi kepikiran dan lebih hati-hati," ungkap Atenx Rabu (3/6/2020) di Live Instagram Ngobras bersama Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bentuk kehati-hatian dia tunjukan dengan pengerjaan yang lebih teliti serta dipastikan kualitasnya. Kemudian untuk pengerjaan bagian yang dilakukan oleh asistennya, Atenx juga turun tangan langsung untuk memastikan kualitas pengerjaannya dengan baik.

Tantangan Pengerjaan Motor Custom Presiden

Bikin Motor Presiden, Atenx Katros Ekstra Hati-Hati
 
Antex mengakui ada sejumlah tantangan ketika mengerjakan motor custom pesanan dari Presiden. Salah satunya adalah dia tidak bisa bertemu dengan orang yang memesan, sehingga untuk mengetahui keinginan pemiliknya cukup sulit.
 
"Solusinya adalah berbicara dengan asisten Presiden. Hampir setiap jam dihubungi," ungkap Atenx.
 
Bahkan untuk urusan desain, Atenx akhirnya membuat sekitar 40-60 desain yang diserahkan kepada presiden. Desain-desain ini dikerjakan dengan menyesuaikan keinginan presiden dan dikerjakan secara bertahap.
 
"Awalnya ditanya mau bagaimana, mereka tidak paham. Jadi untuk memberitahukan ada beberapa model, kita harus membuat beberapa desain awal. Kasiih ke asistennya untuk menjadi based model. Setelah itu dikembangun lagi, total 40-60 desain yang dikirim," lanjutnya.
 
Tantangan lainnya yang hadir adalah masalah menyesuaikan postur badan si pemilik dengan kuda besinya. Mengingat dia tidak bisa meminta Jokowi untuk datang dan melakukan fitting riding position, akhirnya Atenx meminta temannya yang memiliki postur badan mirip dengan Jokowi untuk mencoba riding position motor custom tersebut.
 
"Harus panggil teman yang posturnya sama dengan Pak Jokowi. Kemudian dia suruh duduk dan disesuaikan posisinya. Dia diminta masukan bagaimana riding position motor custom tersebut, sudah pas atau ada yang masih kurang.
 
Alhasil, kuda besi ini memakan waktu pengerjaan selama tiga bulan. Dia pun bercerita bahwa Presiden Jokowi puas dengan hasil pengerjaannya dan ini sesuai dengan desain yang diberikan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif