Black Bagong padukan gaya brat style dengan bobber. MTVN/ A. Harry Budiawan
Black Bagong padukan gaya brat style dengan bobber. MTVN/ A. Harry Budiawan

Modifikasi Motor

Honda Tiger 2010, Brat Style Bobber Ala Black Bagong

Otomotif modifikasi
Ainto Harry Budiawan • 17 Januari 2016 11:10
medcom.id, Jakarta: Honda Tiger sudah disuntik mati oleh PT Astra Honda Motor. Mereka lebih fokus dengan pasar motor sport 150 cc yang memang tengah digandrungi konsumen roda dua Indonesia. Tapi unit bekas Tiger masih banyak dicari untuk bahan modifikasi.
 
Sudah banyak si macan tadi berubah bentuk ditangan dingin para modifikator Indonesia. Salah satunya sepert yang Anda lihat pada artikel ini, motor yang dinamai Bagong ini mengusung gaya brat style bobber.
Honda Tiger 2010, <i>Brat Style Bobber</i> Ala Black Bagong
Farhan sebagai pemilik mau sesuatu yang baru dari motornya. Pemukim Cimanggis-Depok ini punya keinginan meninggalkan tampilan motor yang sudah modern jadi bergaya klasik. “Mau bergaya brat style tapi dengan kaki-kaki besar ala motor bobber,” katanya.
 
Farhan menunjuk bengkel Rizky Wijaya Modif (RWM) yang dikomandoi Bambang untuk menggarapnya. Kebetulan pula bengkel ini dikenal ahli meracik motor-motor modifikasi bergaya klasik.
Honda Tiger 2010, <i>Brat Style Bobber</i> Ala Black Bagong
Brat style bobber menuntut ubahan pada sasis motor, karena nantinya motor hanya bisa dipakai berkendara sendiri saja. Makanya rangka bagian tengah hingga belakang dipangkas habis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Gantinya dibuatkan rangka baru pakai bahan pipa seamless setebal 3 mm,” ujar modifikator kalem ini. Pada rangka baru ini juga dibuatkan dudukan sokbreker, dan bagian belakang rangka melengkung yang saling terhubung.
Honda Tiger 2010, <i>Brat Style Bobber</i> Ala Black Bagong
Untuk kaki-kaki, Bambang mengganti lengan ayun dengan model pipa bulat. Sudah terbukti kuat karena dites jalan dulu. Lalu bagian depan aplikasi sokbreker Yamaha Byson, yang berdiameter besar 41 mm.
 
"Tapi segitiga dibuat ulang mengingat pelek dan ban yang dipakai berukuran besar. Jadi jarak tabung kiri dan kanan kini lebih jauh," terang Bambang.
 
Kalau dilihat-lihat bodi motor sangat minim, hanya sepakbor dan tangki dari bahan plat galvanis yang kesemuanya dicat hitam doff. “Biar lebih sangar dan terkesan klasik,” kata Farhan yang menamai motornya Black Bagong.
 
Data Modifikasi
Tangki : Made by RWM
Sepakbor depan : Made by RWM
Rangka : Custom RWM
Ban depan-belakang : 130/90-16
Pelek depan-belakang : 3.00-16 dan 4.00-16
Lengan ayun : Custom by RWM
Tromol roda : Kawasaki KLX 150
Knalpot : Custom
Jok : Custom kulit
Karburator : Keihin PE28
Filter udara : Koso
Rizky Wijaya Modif : 087878008600/ 021-95092000
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif