Bagian kemudi, lengan ayun dan kelistrikan paling sulit dikerjakan. Autoevolution
Bagian kemudi, lengan ayun dan kelistrikan paling sulit dikerjakan. Autoevolution

Madboxer, Motor Kustom Bermesin Subaru

Otomotif subaru modifikasi motor
M. Bagus Rachmanto • 05 September 2019 12:04
Selandia Baru: Jika Anda menyukai motor bermesin boxer namun tak mau buatan BMW Motorrad, proyek yang satu ini bisa jadi inspirasi. Pasalnya motor bernama Madboxer yang ada di Selandia Baru ini justru mengusung mesin boxer dari Subaru WRX.
 
Proyek ini berawal 2009 lalu ketika sang desainer McElroy membuat rancangan motor bernama Kickboxer, yang diproyeksikan mengusung mesin boxer 2.500 cc. Ide liar ini tersebar dan Marcel van Hooijdonk, seorang pengrajin alat-alat otomotif berniat membuat jadi nyata.
 
Madboxer, Motor Kustom Bermesin Subaru

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagian paling sulit dalam membangun Madboxer ini ketika mengerjakan lengan ayun dan bagian setang. Pasalnya harus melalui persetujuan otoritas Selandia Baru untuk membuatnya legal di jalanan.
 
Kemudian mesin pun disandingkan dengan gearbox dua percepatan otomatis, dengan torque converter. Tuas transmisi terpasang di kiri setang. Marcel tak mau ada pengendalian motor yang dilakukan oleh kaki, jadi rem belakang pun ada di kanan setang.
 
Madboxer, Motor Kustom Bermesin Subaru
 
Rem depan dan area kaki-kaki depan berasal dari Buell, yang memang punya rancang bangun seperti ini. Tangki dan jok dari motor asal Jepang, sedang komponen lain macam lengan ayun, sasis, dan sejumla item lainnya dikerjakan sendiri.
 
Kesulitan lainnya adalah sistem elektronik motor ini. Penempatan aki lithium di bawah jok dengan ruang terbatas sangat membingungkan. Tak heran Marcel butuh satu tahun untuk mengurus sistem kelistrikan motor.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif