Motor balap klasik Honda XL500 flat track garapan Czech custom shop Gas & Oil Bespoke Motorcycles. Rideapart
Motor balap klasik Honda XL500 flat track garapan Czech custom shop Gas & Oil Bespoke Motorcycles. Rideapart

Modifikasi Motor

Motor Klasik Honda XL500 Flat Track Khusus Garuk Tanah

Otomotif modifikasi motor
M. Bagus Rachmanto • 26 Januari 2020 10:33
Ceko: Aliran flat track di dunia modifikasi telah mempengaruhi koonsep dan desain pembuatan motor kustom selama bertahun-tahun. Bahkan aliran ini semakin populer yang diaplikasikan menjadi motor retro klasik, seperti Harley-Davidson Sportster dan Triumph Bonneville, hingga Royal Enfield 650 Twin. Gaya flat track pun telah membuktikan eksistensinya di industri otomotif sebagai motor yang serbaguna dan fungsional.
 
Sejumlah produsen sepeda motor seperti Indian dan Husqvarna diketahui juga membuat desain yang terinspirasi flat track, yang mereka hadirkan melalui FTR 1200 dan Svartpilen.
 
Tiga tahun belakangan, konsep modifikasi flat track jadi fokus Czech custom shop Gas & Oil Bespoke Motorcycles dalam hal penggarapan Honda XL500 untuk mengembalikannya kepada pakemnya sebagai motor balap garuk tanah yang tangguh. Untuk itu, Matej Sysel dari Czech custom shop Gas & Oil Bespoke Motorcycles menjatuhkan pilihan kepada Honda XL500s lansiran tahun 70an, sebagai basis motor kustomnya.
Motor Balap Klasik Honda XL500 Flat Track, Khusus Kompetisi
Tidak untuk penggunaan di jalan raya. Motor yang tidak dilengkapi dokumen ini sengaja dibangun khusus untuk lintasan balap. Sehingga pengerjaannya difokuskan pada setingan mesin untuk mengikuti kompetisi di trek tanah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal pertama yang dilakukan Czech custom shop Gas & Oil Bespoke Motorcycles adalah mentransplantasikan mesin XL500R ke sasis XL500S-nya. Termasuk mengubah setingan kaki-kaki agar semakin lincah menari di trek tanah. Untuk meningkatkan suplai bahan bakar dan aliran udara ke ruang bakar, bengkel kustom asal Ceko itu mencangkok karburator besar dari Keihin, K&N free-flowing filter, dan sistem pembuangan 2-ke-1 dengan muffler balap Yoshimura.
 
Dengan mesin siap untuk balapan, Sysel tahu tim perlu memperbarui bagian suspensi dual sport Honda XL500 yang sudah usang. Penggantian suspensi depan mengadopsi milik BMW R100 dan dual shocks dari Moto Guzzi NTX. Mendukung kerja suspensi lebih optimal, serta memberikan cengkeraman, ban Shinko SR Flat Track menjadi sepatu baru yang membungkus satu set pelek spoked berukuran 19 inci.
Motor Balap Klasik Honda XL500 Flat Track, Khusus Kompetisi
Untuk mendapatkan estetika flat track yang ramping, Sysel juga mengganti tangki bensin kustom dan knalpot menggunakan unit Yamaha RD. Tak ketinggalan Fender Harley-Davidson yang dipangkas, sebagai bagian terakhir dari pernak-pernik tambahan yang memberikan kesan agresif pada motor.
 
Untuk membuat tampilannya seperti sekarang, dalam pengerjaannya Czech custom shop Gas & Oil Bespoke Motorcycles membutuhkan waktu lebih dari 3 tahun. Sebagai proyek pribadi tanpa batas waktu, XL500 masuk dalam daftar modifikasi khusus yang tujuannya menjaga hubungan baik dengan klien.
 
“Itu adalah waktu yang sangat lama untuk sebuah proyek balap. Untungnya, itu sudah selesai dan sekarang saatnya untuk mulai belajar seni balap Flat Track!,” kata Sysel seperti ditulis Rideapart.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif