Honda Dax dengan motor listrik. Medcom.id/ekawan Raharja
Honda Dax dengan motor listrik. Medcom.id/ekawan Raharja

Segini Biaya Suntik Teknologi Motor Listrik di Motor Konvensional

Otomotif modifikasi motor
Ekawan Raharja • 06 September 2019 08:18
Jakarta: Era elektrifikasi kendaraan tidak hanya dimiliki oleh produsen besar otomotif. Beberapa kalangan juga memiliki niatan untuk membuat sepeda motor dengan mesin konvensionalnya diubah menjadi bermotor listrik.
 
Komunitas Sepeda dan Motor Listrik Indonesia (Kosmik) memiliki beberapa proyek motor custom berteknologi listrik. Di gelaran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, mereka membawa lima sepeda motor yang sudah diubah menjadi sepeda motor listrik.
 
Member Kosmik, Hendro Sutono, menjelaskan untuk menyuntikan teknologi listrik di sepeda motor konvensional membutuhkan dana yang beragam. Hal ini terkait dengan spesifikasi motor listrik dan baterai yang akan digunakan, serta tingkat kerumitan pemasangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memberikan contoh sebuah Honda Dax salah satu member Kosmik Jakarta. Biaya yang digunakan untuk menyuntikan teknologi listrik di motor ini mencapai 15 juta.
 
Segini Biaya Suntik Teknologi Motor Listrik di Motor Konvensional
 
"Motor listrik atau dinamonya ini Rp8 jutaan, baterainya Rp7 jutaan, ya bisa habis Rp15 jutaan minimal, tapi kalau lebih murah lagi bisa tergantung spesifikasi dinamo dan baterainya," jelas Hendro di IEMS 2019.
 
Selain itu dia juga mengambil contoh untuk sebuah motor custom klasik bergaya BMW R27. Disebutkan memerlukan dana sekitar Rp35 juta untuk baterai dan motor listriknya. "Ini saya buatnya di Acas Custom, controller-nya 5 kW dan baterai 72 Volt. Larinya bisa sejauh 30 kilometer," tambah Hendro.
 
Tantangan untuk menyematkan teknologi listrik di sepeda motor konvensional terletak pencarian komponen yang sesuai dengan konsep modifikasi. Jelasnya dinamo dan baterai masih diimpor langsung dari Tiongkok.
 
"Dasarnya pembuatan motor listrik custom itu mudah, dinamo dan baterai biasanya plug and play. Kalau ada kerumitan lebih kepada modifikasi bagian rangka dan lengan ayun, karena mengganti mesin bensinnya baru pasang perangkat controller-nya," terang Hendro.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif