Jakarta: Melakukan modifikasi di mobil, opsinya memang beragam. Tergantung kebutuhan dan juga fungsi yang diinginkan. Tapi ada hal-hal dasar yang biasanya menjadi kebutuhan untuk membuat tampil mobil berbeda dari biasanya.
Menurut Operation Manager Kramat Motor, Erik Jeo, bahwa melakukan modifikasi untuk mobil biasanya ada tahapannya. Tahapan paling mendasar menurutnya adalah ban dan pelapis atau bungkus untuk jok mobil.
"Pemilik mobil terutama di kelas mobil sejuta umat seperti low MPV, biasanya akan melakukan modifikasi ringan di mobilnya untuk membuat pembeda dari mobil lainnya. Komponen yang paling dasar diganti adalah roda (velg dan ban) serta pembungkus jok," ujar Erik.
Tentu alasannya cukup mudah ditebak, yaitu karena mengganti roda itu setidaknya mampu mengubah penampilan sekitar 30-40 persen dari tampilan sekilas mobil. Sementara untuk pembungkus jok biasanya bertujuan untuk membuat bahan jok non kulit, lebih awet dan tidak kotor.
Namun alasan lain yang diungkapkan Erik adalah karena dua komponen tersebut masih terjangkau untuk urusan harga. Sehingga, banyak orang yang memprioritaskan penggantian komponen dasar ini untuk membuat mobilnya bisa terlihat berbeda.
"Kalau bagian ini sudah selesai, biasanya baru masuk ke fitur tambahan seperti audio atau headunit. Fitur tambahan seperti kamera belakang juga terkadang jadi opsi tambahan untuk mempermudah pengemudi mengontrol kendaraan saat akan parkir."
Sementara bagian untuk penambah performa, itu akan berbeda jalur dengan yang hanya ingin menambah fitur di kendaraannya. Biasanya penambahan performa di mesin mobil juga berhubungan dengan penggantian beberapa komponen di mesin atau sistem transmisi untuk membuat aliran tenaga dari mesin lebih baik. Dan sudah pasti biaya yang dibutuhkan juga tak sedikit.
Jakarta: Melakukan modifikasi di mobil, opsinya memang beragam. Tergantung kebutuhan dan juga fungsi yang diinginkan. Tapi ada hal-hal dasar yang biasanya menjadi kebutuhan untuk membuat tampil mobil berbeda dari biasanya.
Menurut Operation Manager Kramat Motor, Erik Jeo, bahwa melakukan modifikasi untuk mobil biasanya ada tahapannya. Tahapan paling mendasar menurutnya adalah ban dan pelapis atau bungkus untuk jok mobil.
"Pemilik mobil terutama di kelas mobil sejuta umat seperti low MPV, biasanya akan melakukan modifikasi ringan di mobilnya untuk membuat pembeda dari mobil lainnya. Komponen yang paling dasar diganti adalah roda (velg dan ban) serta pembungkus jok," ujar Erik.
Tentu alasannya cukup mudah ditebak, yaitu karena mengganti roda itu setidaknya mampu mengubah penampilan sekitar 30-40 persen dari tampilan sekilas mobil. Sementara untuk pembungkus jok biasanya bertujuan untuk membuat bahan jok non kulit, lebih awet dan tidak kotor.
Namun alasan lain yang diungkapkan Erik adalah karena dua komponen tersebut masih terjangkau untuk urusan harga. Sehingga, banyak orang yang memprioritaskan penggantian komponen dasar ini untuk membuat mobilnya bisa terlihat berbeda.
"Kalau bagian ini sudah selesai, biasanya baru masuk ke fitur tambahan seperti audio atau headunit. Fitur tambahan seperti kamera belakang juga terkadang jadi opsi tambahan untuk mempermudah pengemudi mengontrol kendaraan saat akan parkir."
Sementara bagian untuk penambah performa, itu akan berbeda jalur dengan yang hanya ingin menambah fitur di kendaraannya. Biasanya penambahan performa di mesin mobil juga berhubungan dengan penggantian beberapa komponen di mesin atau sistem transmisi untuk membuat aliran tenaga dari mesin lebih baik. Dan sudah pasti biaya yang dibutuhkan juga tak sedikit.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)