Mau memodifikasi tenaga Kawasaki Ninja 250? coba ramuan sakti dari Ultraspeed. MTVN/A Harry Budiawan
Mau memodifikasi tenaga Kawasaki Ninja 250? coba ramuan sakti dari Ultraspeed. MTVN/A Harry Budiawan

Modifikasi Performa Motor

Ramuan Sakti Bikin Ninja 250, Nyaris Setara Ninja 300

Otomotif modifikasi modifikasi motor
Ekawan Raharja • 23 Maret 2015 18:29
medcom.id, Jakarta: Pemilik Kawasaki Ninja 250 FI yang ingin merasakan performa motornya lebih baik, bisa coba ramuan yang ditawarkan bengkel Ultraspeed Racing (USR). Ramuan ini sakti untuk menambah peningkatan tenaga mesin hingga 3 daya kuda (dk) namuan tak mencapai 4 dk.
 
Ramuan ini bisa juga jadi obat penasaran dengan Ninja 300, yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu. "Ya walau tidak bisa mendekati karena kapasitas mesinnya berbeda, setidaknya peningkatan performa mesin cukup signifikan," kata Freddy A Gautama, pemilik USR.
 
Sekedar informasi, tenaga puncak yang mampu dihasilkan Ninja 300 mencapai 38,4 daya kuda. Sedang Ninja 250 mencapai 31,5 daya kuda. Ada beda 7,4 daya kuda. Jika asumsi Freddy benar, maka selisihnya akan menjadi sekitar 4 dk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ramuan yang terdiri dari beberapa part ini bersifat plug and play, jadi tinggal pasang saja. Selain itu juga lebih hemat jika melihat perbedaan harga antara Ninja 300 dengan Ninja 250 SE (tipe tertinggi), yang mencapai Rp26 jutaan. Penasaran? Ini dia bahan ramuan ala USR.
 
Koil Ultraspeed
Punya fungsi melipat-gandakan arus listrik untuk dialirkan menuju busi. Koil bermerek Ultraspeed ini diklaim punya kemampuan lebih besar, sehingga api busi yang diletikkan lebih besar. Harga jualnya Rp1 juta sepasang.
 
Busi Iridium
Koil yang telah diganti, cocok ditemani busi iridium dari NGK ini. Busi tipe dingin ini akan menghasilkan api yang lebih baik sehingga pembakaran bisa lebih sempurna. Ditebus seharga Rp240 ribu untuk sepasang businya.
 
Filter Udara Protec
Komponen seharga Rp400 ribu ini berbahan kain sehingga bisa dibersihkan dan usia pakai panjang. "Punya pori-pori yang lebih besar tanpa mengurangi daya saringnya, sehingga asupan udara menuju mesin lebih lancar," terang Freddy.
 
Knalpot
Pipa pelepas gas buang tipe free flow asal Inggris, dengan model full system. Knalpot berbahan carbon kevlar ini dibanderol seharga Rp8,5 juta. Tapi kualitas dan performa yang dihasilkan sesuai dengan banderol harga pastinya.
 
ECU
Electronic control unit atau ECU adalah otaknya motor injeksi. Setelah penggantian part-part tadi, tentunya butuh penyesuaian suplai bahan bakar agar pembakaran tidak terlalu kering. ECU merek aRacer tipe RC2 asal Taiwan jadi rekomendasi bengkel beralamat di jalan Panjang, Jakarta Barat ini. Harganya Rp7 juta.
 
Kampas Kopling
Tenaga mesin yang membesar, pastinya butuh kampas kopling lebih baik supaya transfer tenaga menuju roda bisa berjalan sempurna. Freddy menawarkan kampas kopling merek WRX seharga Rp500 ribu.
 
Per Kopling
Supaya daya tekan kampas kopling lebih kuat dan mencegah kampas selip, per kopling juga harus disesuaikan. USR menyodorkan per kopling buatan CLD dengan banderol Rp225 ribu saja.
 
Daftar belanjaan
*Koil Ultraspeed :Rp1 juta
*Busi iridium :Rp240 ribu
*Filter udara :Rp400 ribu
*Knalpot :Rp8,5 juta
*ECU :Rp7 juta
*Kampas kopling :Rp500 ribu
*Per kopling :Rp225 ribu
*Total biaya :Rp17,865 juta
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif