Motor kustom ini didesain untuk bisa membawa dua orang. Pipeburn
Motor kustom ini didesain untuk bisa membawa dua orang. Pipeburn

Honda CB750 Scrambler Khusus Perkotaan

Otomotif modifikasi motor
M. Bagus Rachmanto • 15 Oktober 2019 09:57
Roosendaal: Motor kustom memang selalu menarik untuk dilihat karena banyak ide dan kreasi karya sang builder disitu. Namun disatu sisi, banyak motor kustom yang menonjolkan tampilan dan kreatifitas saja, tanpa memperhatikan kenyamanan.
 
Ya memang kebanyakan motor kustom tak selalu digunakan untuk berkendara, namun Wouter Buningh ingin motor kustom yang bisa digunakan sehari-hari, termasuk tak butuh usaha ekstra saat digunakan diperkotaan.
 
Honda CB750 Scrambler Khusus Perkotaan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kebanyakan motor kustom tak nyaman digunakan lebih dari satu jam. Saya menginginkan motor yang memuaskan, enak dilihat tapi juga praktis dalam penggunaan, termasuk dalam kota dan hutan tanpa perlu banyak kesulitan," kata Buningh. seperti dikutip
 
Bermodalkan Honda CB750 1992, Buningh membawa motornya menuju bengkel kustom Moto Adonis yang bermarkas di Roosendaal, Belanda. "Saya sudah kenal dengan pemiliknya, berkunjung dan mengamati, karya bengkel ini semakin bagus," jelasnya.
 
Honda CB750 Scrambler Khusus Perkotaan
 
Dari tampilan, bagian mesin terlihat sangat menonjol. Motor ini semakin menarik saat dijejali suspensi depan upside down, tangki dari Triumph Bonneville, jok kustom panjang karena sang pemilik ingin bisa berkendara berdua, namun desainnya dibuat klasik dengan motif wajik.
 
Buningh mendesain motor ini tiga tahun yang lalu, dengan inspirasi dari berbagai motor kustom dan motor pabrikan lain. Selain tangki, ada pula spidometer yang mencomot milik Triumph Daytona.
 
"Saya puas dengan motor ini, builder banyak berdiskusi agar motor ini sesuai kemauan. Akhirnya motor kustom dengan fungsionalitas yang saya inginkan terwujud setelah lebih dari satu bulan pengerjaan," pungkas Buningh.
 
Honda CB750 Scrambler Khusus Perkotaan
 
Selain Honda CB750 1992, Kawasaki juga menghadirkan versi modifikasi dari W17 dalam gaya modifikasi scrambler. Tak ada ubahan di bagian mesin dan rangka motor. Modifikasi yang dilakukan sebenarnya simpel, namun terlihat rumit dengan finishing apik.
 
Paling terlihat adalah penggunaan ban tapak kasar, untuk melibas jalanan non aspal sekaligus. Kemudian knalpot yang berada disisi samping motor, yang merupakan ciri motor scrambler.
 
Lalu lampu utama masih model bulat, namun versi aftermarket yang dibungkus tameng bulat. Dimensi lampunya sendiri terlihat lebih kecil dibandingkan standar.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif