Appaloosa, berbasis scout bobber yang kini punya fairing nyentrik. WS
Appaloosa, berbasis scout bobber yang kini punya fairing nyentrik. WS

Appaloosa, Tampil Nyentrik ala Workhorse Speedshop

Otomotif modifikasi motor custom bike
Ahmad Garuda • 25 Mei 2019 10:06
Jakarta: Motor-motor balap klasik, tak semuanya mendapat tanggapan bagus dalam dunia balap. Sehingga biasanya riset yang dilakukan sebuah tim balap, akhirnya terpatahkan oleh regulasi yang membatasi proses pengembangan sebuah kendaraan balap tersebut.
 
Namun, bukan berarti desainnya takkan dipakai lagi di masa mendatang. Contohnya Appaloosa. Motor buatan Indian Motorcycle berbasis Scout Bobber satu ini, disulap menjadi motor balap dengan model fairing yang sangat nyentrik. Fairing-nyak bahkan menutupi sebagian besar bagian roda depan, sehingga yang terlihat hanya bagian bawahnya saja.
 
Pengerjaan konsep motor edisi ulang tahun yang ke-100 tersebut, digarap langsung oleh tangan dingin Brice Hennebert dari Workhorse Speedshop. Lebih dari 700 jam lamanya, untuk membuat desain, fabrikasi, hingga pengecekan kualitas komponen yang mereka gunakan di Appaloosa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Appaloosa, Tampil Nyentrik ala Workhorse Speedshop
 
"Kami berikan nama Appaloosa, untuk menggambarkan filosofi kuat antara Workhorse Speedshop, Indian Motorcycle dan kecepatan. Selain itu, Appaloosa adalah nama yang diberikan buat salah satu kuda pacu di Amerika. Appaloosa adalah salah satu yang tercepat untuk balap kuda," bangga Brice.
 
Jika ditelisik lebih seksama tentang model dan desain yang digunakan, motor ini tentunya dirancang untuk kebutuhan balap lurus atau dragrace. Bukan untuk kebutuhan balap di lintasan berliku. Bisa dilihat fairing yang menutup roda depan, menjadi indikasi keterbatasan ruang gerak roda depan.
 
Bukan sekadar pajangan, namun motor ini pun nantinya bakal ditunggangi oleh Randy Mamola. Mantan pembalap MotoGP itu bakal mencoba seberapa ganas tenaga yang mampu dimuntahkan motor tersebut di lintasan lurus.
 
Appaloosa, Tampil Nyentrik ala Workhorse Speedshop
 
"Sudah lama saya menjadi fans berat Indian Motorcycle. Saya bangga, bisa menjadi bagian dari proyek ini. Apalagi disuruh mengendarai motor racikan Workhorse Speedshop ini di ulang tahun ke-100 Indian Motorcycle. Tentu ini akan sangat menarik nanti. Mengingat ajang balap tersebut juga cukup tenar di kalangan pecinta balap drag," ujar Mamola.
 
Perubahan yang diberikan dari sisi teknis komponen, tidak seekstrim perubahan atau penambahan bodi dan fairing. Namun penggunaan komponen istimewa seperti Ohlins STX 36 piggyback di shock bagian belakang membuat tampilannya sangat istimewa. Apalagi dipadukan dengan suspensi depan dengan model retro 43 lengkap dengan damper stabilizernya.
 
Di bagian mesin tenanganya juga sudah lebih baik yaitu 130 bhp berkat penggunaan knalpot Akrapovic, lalu ECU racing, Power Commander NOS Injection dan banyak lagi lainnya. Motor ini bakal dipajang di Bike Shed mulai 24 -26 Mei 2019 di Inggris.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif