Deus menggarap ulang Honda XL500 agar dapat digunakan dengan nyaman di jalanan offroad atau onroad. Garagista Media
Deus menggarap ulang Honda XL500 agar dapat digunakan dengan nyaman di jalanan offroad atau onroad. Garagista Media

Intip Motorcross Klasik Honda Garapan Deus

Otomotif modifikasi motor
M. Bagus Rachmanto • 16 Oktober 2019 12:35
Jepang: Kecintaan Deus dalam dunia modifikasi motor sudah tidak diragukan. Seperti halnya yang mereka lakukan untuk motorcross klasik Honda XL500.
 
"Monster 2-stroke di eranya sangat menarik perhatian dan banyak orang menghindarinya, tapi Honda membuat anda dapat tersenyum mengendarainya," terang Director of Motorcycle Operations Deus Japan, Matthew Roberts, seperti dikutip dari Bikeexif.
 
Deus menggarap XL500 dengan konsep motor yang mudah dikendarai namun tetap memiliki bertenaga. Sehingga mereka lebih banyak melakukan perubahan di sektor suspensi dan berat motor, sehingga nyaman digunakan di medan onroad dan offroad.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Intip Motorcross Klasik Honda Garapan Deus
 
Di bagian suspensi depan, mereka menggunakan fork milik XR600, yang dikawinkan dengan stem, steering bearing, dan headstock standar. Kemudian hub-nya mengadopsi atau meminjam milik Kawasaki KX250 yang dipasangkan di pelek 21 inci.
 
Agar berat motor dan riding position lebih nyaman, Deus menggarap ulang frame XL500. Deus memangkas komponen yang dianggap tak perlu demi mengurangi bobot motor dan penggunaan komponen yang lenih efeisien. Kemudian swingarm pun di custom namun dengan memperhatikan standar kendaraan di Jepang. Selain itu agar motor masih nyaman ketika ditunggangi.
 
Di bagian buritan, geometrinya mengadopsi ukuran milik Suzuki RM. Dipasang sesuai dengan pergitungan, suspensi custom pun disematkan agar dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan geometri belakang motor.
 
Intip Motorcross Klasik Honda Garapan Deus
 
Sedangkan sektor dapur pacu tidak banyak mengalami perubahan, mesin 500cc berdaya 32 daya kuda masih dipertahankan. Hanya saja karburatornya kini mengadopsi K&N dan knalpot custom. Kata sang builder agar motor dapat berlari dengan kencang.
 
Sebagai sentuhan akhir, motor ini diberi kelir warna cat hitam dan logo Deus dibagian tanki. Agar semakin manis, joknya diubah ulang di markas Deus, dengan desain jok yang lurus dan simple serta kompak.
 
Alhasil apa yang dikerjakan rumah modifikasi Deus patut diacungi jempol. Pasalnya motor garapannya tersebut cukup menyedot perhatian mata bagi yang meliriknya. Tak heran jika saat ini motor sudah siap untuk dibawa berjalan-jalan di jalanan Tokyo di malam musim panas.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif