Mitsubishi Xpander AP4. MMKSI
Mitsubishi Xpander AP4. MMKSI

Modifikasi Mobil

Intip Mobil Balap Baru Tunggangan Rifat Sungkar di Ajang Reli

M. Bagus Rachmanto • 30 April 2020 11:50
Jakarta: Mitsubishi akhirnya merampungkan projet Xpander AP4. Nantinya low multi purpose vehicle (LMPV) rakitan Cikarang, Bekasi, ini akan digunakan untuk balap reli di beberapa kejuaraan.
 
Kecintaannya terhadap dunia reli dan ingin membuat sesuatu yang beda, jadi ide dasar yang menginspirasi Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar bersama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam penciptaan Xpander AP4. 
 
Alhasil sesuai namanya, mobil balap reli Xpander AP4 yang dibangun menggunakan basis mobil keluarga itu pun memiliki penampilan baru yang terlihat lebih ekstrem. Modifikasi yang dilakukan untuk bisa mengikuti kejuaraan reli baik nasional maupun internasional, dan diklaim sebagai inovasi terbaru dalam dunia reli yang ada di kawasan Asia Pasifik.

Menurut Rifat, hal istimewa dari AP4 yaitu memperbolehkan jenis kendaraan terbaru yang juga digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk dimodifikasi sesuai regulasi Federation Internationale de l’Automobile (FIA). Sehingga kompetisi reli dunia saat ini menjadi lebih modern dibandingkan generasi sebelumnya.
 
Konsep modifikasi yang dihadirkan pada Xpander AP4 tersebut juga mengikuti regulasi yang telah ditetapkan. Bahwa harus menggunakan basis kendaraan harian yang diproduksi dan dijual secara massal di pasaran.
Intip Mobil Balap Baru Tunggangan Rifat Sungkar di Ajang Reli
“Dari pertama kali mencoba Xpander di Okazaki, Jepang, saya tahu nih ada sesuatu yang beda dari mobil ini. Karena untuk sebuah mobil MPV, Xpander ini punya handling yang mirip sama Mitsubishi Evolution X. Saya bahkan sampai bertanya detail sama engineer Mitsubishi di Jepang,” beber Rifat seperti ditulis laman Miisubishi.
 
Kehadiran Xpander AP4 tersebut mengikuti langkah Mitsubishi Pajero Sport, yang sempat digunakan oleh Rifat Sungkar dalam gelaran Speed Offroad di Tanah Air. 
 
AP4 diciptakan untuk menjadi alternatif karena mobil reli berjenis R5, yang merupakan spesifikasi World Rally Championship (WRC) terlampau mahal. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa konsep AP4 lebih menitikberatkan pada pengurangan biaya produksi menjadi lebih ekonomis bila dibandingakn mobil reli berspesifikasi tinggi. 
 
Mobil berjenis AP4 ini dapat dikatakan sebagai wajah baru mobil reli di Indonesia yang menggantikan kendaraan-kendaraan grup R yang sudah berusia lebih dari 10 tahun. Sebagai catatan, mobil reli jenis AP4 mendapatkan lisensi untuk berlomba di kejuaraan internasional seperti reli Australia, reli Selandia Baru dan reli Asia Pasifik.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan