Ducati Scrambler terinspirasi pembalap motor Mike Hailwood. Visordown
Ducati Scrambler terinspirasi pembalap motor Mike Hailwood. Visordown

Modifikasi Ducati Bergaya Scrambler dan Chopper

Otomotif modifikasi motor
M. Bagus Rachmanto • 21 November 2019 12:34
Thailand: Ducati Thailand tak ingin absen dalam dunia midifoaksi. Kali ini motor custom dari basis Scrambler, yakni dengan membuat versi Mike Hailwood. Model ini terlihat berbeda dengan lampu yang terbungkus lengkap sebuah visor imut diatasnya untuk mengesankan tampilan motor tahun 1970-an.
 
Hailwood sendiri merupakan seorang pembalap legendaris. Namun penggarapan motor tak diserahkan ke rumah modifikator khusus. Karena memang pabrikan motor itu menggarapnya sendiri. Mereka memanfaatkan momentum Bangkok International Motor Show 2016 untuk unjuk gigi.
 
Tangki bahan bakar disiram pakai warna baru. Inspirasinya dari Ducati 900SS yang digunakan Hailwood, saat kembali dari masa pengasingan dunia balap selama 11 tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengaruh 900SS juga nampak pada jok, yang dibuat spesifik untuk motor ini. Panel bodi di bawah jok punya potongan dan bentuk Desmo klasik, serta buritan terintegrasi dengan lampu rem.
 
Di Virginia, sebuah bengkel kecil bernama MotoRelic di Hamilton, Virginia, Amerika Serikat (AS) sukses mengubah sebuah motor tua Ducati Scrambler 250 jebolan 1965. Bagian yang mereka lakukan tak mudah, karena transformasinya sangat besar.
 
Motor ini datang menuju bengkel yang dikomandoi Sean Skinner dalam wujud chopper. "Saya harus memotong seluruh rangkanya, dan hanya menyisakan lengan ayun dan sasis di sekitar mesin," katanya seperti dikutip Pipe Burn.
 
Sean mengubah motor ini menjadi bergaya scrambler. Tampilannya sangat simpel dan bersih. Dimensinya pun pas, menyesuaikan pula dengan ukuran mesin tua yang tak terlalu besar.
 
Suspensi depan mengambil milik TS250 yang diubah agar masuk dengan segitiga. Kemudian untuk suspensi belakang, Sean perlu melakukan ubahan agar pantas mengusung peredam kejut tunggal.
 
"Saya berpikir lengan ayun aslinya terlalu pendek untuk pakai monosok, jadi saya memanjangkannya dan disesuaikan untuk suspensi Icon yang saya gunakan," jelasnya. seerpti ditulis Pipeburn.
Ducati Scrambler 250 ini tampil simpel dan menarik. Pipe Burn
Tangki dan jok jadi kunci modifikasi lainnya. Dua komponen ini yang terlihat palling dominan. Tangki milik T350 digunakan dan disesuaikan dudukannya. Tangki terlihat menyatu dengan jok karya Counter Balance Cycles.
 
Keunikan lainnya adalah penggunaan lampu depan. Model kekinian yang sudah LED berdimensi kecil dipasang. Lampu ini menyatu dengan tameng custom, yang bagian bawahnya diberikan sedikit paruh.
 
Soal mesin, Sean mengatakan kondisinya tak cukup bagus, ada beberapa kebocoran oli. Sean akhirnya membongkar mesin dan melakukan perbaikan pada piston yang sudah baret, dan komponen yang berkarat.
 
Sentuhan akhir, pria berpengalaman 20 tahun soal kustom motor ini melaburi motor dengan warna hitam yang dominan. Penambahan aksen warna orange pada bagian tangki dan lampu menjadi daya tarik tersendiri.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif