Modifikasi Mobil

Datsun Z40Z 1971, Mobil Sport Klasik Bertenaga Buas

M. Bagus Rachmanto 13 Januari 2018 19:24 WIB
modifikasi mobil
Datsun Z40Z 1971, Mobil Sport Klasik Bertenaga Buas
Datsun Z40Z 1971 bergaya balap garapan Dominic Le. Carscoops
Amerika Serikat: Di usianya yang tak lagi muda, penampilan Datsun Z40Z klasik ini tak kalah keren jika dibandingkan dengan mobil keluaran teranyar yang bergaya kekinian. Modifikasi yang tidak berlebihan dengan mempertahankan aura klasik Datsun 240Z 1971 membuat tongkrongan mobil sport keluaran 1973 semakin menarik.

Meski terlihat cocok jadi koleksian di garasi, namun jangan nggap enteng performanya. Sebagai bayangan, mobil ini mampu melontarkan tenaga sebesar 430 daya kuda. Tapi ekspektasi Anda jangan berlebihan, lantaran jantung pacunya, tak lagi menggunakan versi asli.

Namun kini menggunakan mesin empat silinder meminjam jantung Nissan SR20, yang disebut punya tenaga lebih besar seperti di atas. Sementara mesin aslinya berkonfigurasi enam silinder 2,4 liter tak lagi digunakan.

Untuk membuatnya terlihat lebih sporty, sang pemilik, Dominic Le, melakukan ubahan di beberapa bagian. Yaitu mengganti fender dengan ukuran yang lebih besar, dengan pemasangan ban besar dipadu pelek berwarna perunggu. 


Bagian bodinya tidak banyak diubah kecuali menambahkan body kit di bagian bemper depan. Menurut Le, perubahan terbesar justru terjadi di bagian mesin 240Z.

Untuk mengoptimalkan performa mobil, Le, melucuti beberapa bagian interior yang dianggap tidak penting dan menggantinya dengan komponen yang terbuat dari bahan serat karbon dan titanium. Termasuk penggunaan jok racing serat karbon dan setir racing.

Selain bisa menurunkan berat bodi hingga 300 pound lebih ringan, kini bagian interior Datsun 240Z menjadi lebih lapang. Yang paling menarik dari semua ini adalah, Le memodifikasi mobilnya sendiri, yang dikerjakan di garasi rumahnya.



(UDA)