Mengaplikasikan konsep Scrambler di Yamaha XSR155. Hipmotography
Mengaplikasikan konsep Scrambler di Yamaha XSR155. Hipmotography

Motor Custom

Pasang Gaya Scrambler di Yamaha XSR 155

Ekawan Raharja • 21 Desember 2019 16:00
Thailand: Yamaha mendesain XSR 155 dengan gaya Neo retro yang gagah sebagai naked sport bike. Sayangnya, K-Speed tampaknya tidak selera dengan desain yang ditawarkan oleh pabrikan dan mengubah sepeda motor ini menjadi sebuah scrambler.
 
Bengkel custom asal Thailand ini membuat tampilan XSR 155 lebih agresif dan siap melibas berbagai jalanan on road atau off road. Terlebih tambahan teralis dan kelir hitam yang digunakan benar-benar menegaskan kesan tangguh yang ditawarkan.
 
K-Speed hampir menanggalkan seluruh komponen XSR 15, dan menyisakan tangki, suspensi depan dan mesin. Bagian depan mereka menggunakan lampu kembar berteknologi LED.

Pasang Gaya Scrambler di Yamaha XSR 155
 
Spatbor dilepas karena tidak ada ruang untuknya. Suspensi depan nampak masih bawaan pabrik. Bawah mesin diberikan skid plate, untuk menahan kerikil maupun lumpur.
 
Bagian subframe mendapat ubahan dengan dibuat flat dan disambungkan dengan rak bagasi custom. tidak ketinggalan knalpot model ganda berada di bawah jok. Desain Joknya juga di rancang ulang agar sesuai dengan konsep baru sepeda motor ini.
 
Agar aman ketika berpetualang, K-Speed menambahkan teralis besi yang melingkari bagian depan motor sebagai pelindung mesin dan rangka atau guard crash. Untuk menambah cahaya saat malam hari, ditambahkan penerangan di setiap sisi mesin. Menempel juga di guard crash.
 
Pasang Gaya Scrambler di Yamaha XSR 155
 
Sebagai penyempurna, kaki-kaki mendapatkan sejumlah ubahan. Mulai dari penggunaan pelek alumunium jari-jari lebar dan dibungkus ban dual-purpose berukuran besar. Suspensi belakangnya menggunakan merek YSS dengan tabung nitrogen.
 
Sektor pengereman mendapat ubahan berupa penggunaan kaliper Brembo, di depan maupun belakang. Footpeg diganti agar off road friendly dan bentuknya bergerigi agar tidak licin.
 
Di bagian kokpit, tetap bertahan dengan konsol instrumen bawaan pabrik. Stang dibuat minimalis tanpa banyak tombol. Semua digantikan oleh saklar aftermarket. Dudukan lampu utamanya, diubah menjadi tempat air minum pipih.
 
Pasang Gaya Scrambler di Yamaha XSR 155
 
Tidak ada ubahan mesin yang dilakukan oleh K-Speed. Masih mempertahankan mesin 155 cc, SOHC, satu silinder, 4-katup dan berpendingin cairan berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Performa mesin ini mencapai 19 daya kuda @ 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm @ 8.500 rpm.
 
Yamaha Indonesia juga baru-baru ini memperkenalkan XSR 155. Tertarik mendadani sepeda motor anda seperti ini?
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan