Italia: Membangun sepeda motor custom kini memang sudah lazim dilakukan. Meski demikian, tidak banyak builder motor custom yang menggunakan mesin mobil sebagai menu utamanya.
Seorang builder asal Italia, Chris Barber, membuat sepeda motor custom dengan basis sebuah mesin mobil. Tidak tanggung-tanggung, mesin yang digunakan adalah V6 miliki Maserati.
Sebagai informasi, mesin V6 ini adalah mesin terkecil jika dibandingkan V8 dan V12 milik Maserarti. Mesin ini pun sudah pernah digunakan di Maserati Merak dan Citroen SM.
Chris memilih mesin ini karena ukurannya yang cukup ringkas. Rantai cam membentang melalui tengah-tengah mesin serta pompa air dan oli internal menjadikan desain ringkas mesin ini sangat cocok untuk sepeda motor.
Mengingat mesin ini diperuntukan mobil, tentu ada penyesuaian ketika disematkan di sebuah sepeda motor. Sebut saja untuk drivertrain menggunakan Baker Frankentranny lengkap dengan kick-start, kopling S&S, dan rantai penggerak utama khusus. Semua komponen ini berbagi oli dari bak mesin.
Sebuah alternator dan rotor Ducati ST2 menjadi sumber daya untuk kunci kontak. Kemudian untuk rangkanya menggunakan model teralis.
Sayangnya Chris belum membeberkan bagaimana performa sepeda motor racikannya. Apakah sekencang mobil Maserati?
Italia: Membangun sepeda motor custom kini memang sudah lazim dilakukan. Meski demikian, tidak banyak builder motor custom yang menggunakan mesin mobil sebagai menu utamanya.
Seorang builder asal Italia, Chris Barber, membuat sepeda motor custom dengan basis sebuah mesin mobil. Tidak tanggung-tanggung, mesin yang digunakan adalah V6 miliki Maserati.
Sebagai informasi, mesin V6 ini adalah mesin terkecil jika dibandingkan V8 dan V12 milik Maserarti. Mesin ini pun sudah pernah digunakan di Maserati Merak dan Citroen SM.
Chris memilih mesin ini karena ukurannya yang cukup ringkas. Rantai cam membentang melalui tengah-tengah mesin serta pompa air dan oli internal menjadikan desain ringkas mesin ini sangat cocok untuk sepeda motor.
Mengingat mesin ini diperuntukan mobil, tentu ada penyesuaian ketika disematkan di sebuah sepeda motor. Sebut saja untuk drivertrain menggunakan Baker Frankentranny lengkap dengan kick-start, kopling S&S, dan rantai penggerak utama khusus. Semua komponen ini berbagi oli dari bak mesin.
Sebuah alternator dan rotor Ducati ST2 menjadi sumber daya untuk kunci kontak. Kemudian untuk rangkanya menggunakan model teralis.
Sayangnya Chris belum membeberkan bagaimana performa sepeda motor racikannya. Apakah sekencang mobil Maserati?
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)