Toyota membuat Ambulans berbasis Innova. Toyota
Toyota membuat Ambulans berbasis Innova. Toyota

modifikasi Mobil

Ambulans Innova untuk Pasien Covid-19, Ini Fasilitasnya

Otomotif toyota modifikasi mobil
Ekawan Raharja • 26 Mei 2020 20:18
Jakarta: Toyota merupakan salah satu merek yang giat memberikan bantuan untuk memutus penyebaran virus korona (Covid-19) di Indonesia. Bahkan mereka sampai-sampai menghadirkan Ambulans khusus yang dirancang membawa pasien yang mengidap virus tersebut.
 
Uniknya ambulans tersebut menggunakan basis Toyota Innova. Pertimbangan utama dipilihnya multi purpose vehicle (MPV) khas Indonesia ini adalah dimensi yang dibutuhkan cukup sesuai.
 
Kabin yang ditawarkan mobil buatan Indonesia itu diklaim cukup untuk membawa sejumlah fitur untuk ambulans seperti tempat tidur pasien yang bisa dibawa keluar, tabung oksigen, tempat infus, kursi untuk paramedis, serta wastafel untuk mencuci tangan di dalam kabin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peralatan standar lainnya juga tersedia, seperti alat pemadam api ringan, lampu untuk menangani pasien, serta lampu sorot di bagian belakang yang bisa dimanfaatkan saat menuju area gelap.
 
Ambulans Innova untuk Pasien Covid-19, Ini Fasilitasnya
 
Meski memuat banyak perlengkapan, dimensi mobil ini juga cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia. Mengingat pandemik virus korona terjadi di kota-kota besar dan daerah-daerah, maka diperlukan mobil yang compact agar bisa membantu mobilitas tenaga medis bergerilya ke pelosok wilayah, seperti area pinggiran kota atau pedesaan dengan kondisi jalan sempit dan berliku.
 
Selain itu, dengan ground clearance yang tinggi membuat Innova dapat melewati jalan rusak tanpa khawatir terantuk lubang. Ditambah lagi dengan sasis tangga serta penggerak roda belakang yang sudah terbukti, membuat Innova ambulans ini dapat diandalkan di berbagai kondisi jalan.
 
“DNA Innova dibuat berdasarkan kebutuhan kita di Indonesia. Selain memiliki dimensi yang cukup lapang untuk menjadi ambulance, kemampuannya dalam menjelajah area-area yang cukup sempit maupun secara kontur tidak begitu sempurna diharapkan dapat membantu mobilitas tenaga medis dalam menangani wabah Covid-19 di Indonesia. Lebih lanjut, jika ada yang memerlukan, rasanya akan lebih mudah untuk dipenuhi karena produksinya lokal dan prosesnya bisa lebih cepat karena tidak harus impor dahulu,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, melalui situs resmi Toyota.
 
Sekarang ini sudah ada lima unit ambulans Innova yang diserahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI). Tentu tidak menutup kemungkinan ambulans MPV ini diproduksi lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan medis di Indonesia.
 

(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif