Uniknya, Retrokit masih mempertahankan desain dan nilai estetika klasik dari sebuah Vespa. Motoveloci
Uniknya, Retrokit masih mempertahankan desain dan nilai estetika klasik dari sebuah Vespa. Motoveloci

Jangan Lihat Tampang Jadulnya, Lihat Sengatan Listriknya

Otomotif modifikasi motor vespa
Ekawan Raharja • 04 Juli 2019 11:30
Ramini: Mayoritas sepeda motor klasik, khususnya Vespa, masih menggunakan teknologi mesin 2-tak yang kurang ramah lingkungan. Meski demikian pecinta sepeda motor klasik masih banyak di dunia ini, dan ada mereka yang menawarkan modifikasi mengganti mesinnya dengan motor listrik.
 
Salah satunya adalah Motoveloci yang menyediakan paket bernama Retrokit. Paket ini bisa digunakan untuk mengubah dapur pacu Vespa klasik dengan internal combustion engine (ICE) dengan motor listrik. Alhasil tampilan boleh skuter klasik, namun dengan teknologi modern.
 
Jangan Lihat Tampang Jadulnya, Lihat Sengatan Listriknya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Paket ini berisi motor listrik dan baterai lithium seberat 6 kg berkapasitas 1,5 kWh dengan jarak tempuh maksimal 100 km. Pengisiannya juga tak terlalu lama, hanya 3 jam dengan socket standard 230 V.
 
Soal performa yang tidak perlu khawatir karena kecepatan puncaknya bisa menyentuh hingga 90 kilometer per jam. Sensasi berkendara juga tidak perlu ragu karena motor listrik juga menghasilkan tenaga yang cukup kuat untuk dirasakan selama berkendara.
 
Jangan Lihat Tampang Jadulnya, Lihat Sengatan Listriknya
 
Secara keseluruhan Motoveloci dengan paket Retrokit ini tidak sekadar mengganti di sektor jantung pacu saja. Ada juga sedikit perubahan di bagian kaki-kaki skuter untuk diperkuat dan disesuaikan dengan tenaga yang dihasilkan motor listrik.
 
Uniknya, Retrokit masih mempertahankan desain dan nilai estetika klasik dari sebuah Vespa. Tidak ada penambahan instrumen panel digital baru di setang. Tapi, semua indikator bisa dilihat dari aplikasi smartphone yang terhubung ke unit kontrol melalui bluetooth.
 
Hingga saat ini Motoveloci baru tersedia di Italia, dan belum masuk ke Indonesia. Kira-kira tertarik kalau ada yang membawa paket Retrokit ke Indonesia?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif