Kombinasi mesin Honda Cub di BMX. Bikeexif
Kombinasi mesin Honda Cub di BMX. Bikeexif

Membenamkan Mesin Honda Cub di BMX

Otomotif modifikasi motor custom bike
Ekawan Raharja • 13 Mei 2019 11:48
Paris: Membahas custom bike memang tidak pernah ada habisnya sepanjang kreativitas si builder. Bahkan di Paris, Prancis, ada seorang builder dengan ide unik yang membuat sepeda motor dengan menggunakan sasis sepeda BMX.
 
Ide ini dilakukan oleh Tom Dun dari 56 Motorcycles yang berbasis di Paris. Pria separuh Prancis dan Australia ini memang seorang builder yang terkenal membuat sepeda motor dengan basis Honda Cub atau mesin-mesin berkapasitas kecil.
 
"Saya memiliki kesempatan untuk mengendarai sepeda motor ketika masih kecil. Saat berusia empat tahun, sudah sudah mengendarai Honda QR50, Honda XR80, dan sekarang Honda CRF450," tulis Tom Dun dikutip dari bikeexif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Membenamkan Mesin Honda Cub di BMX
 
Disebutkan bahwa dia juga memiliki impian untuk memiliki sepeda BMX dengan mesin. Hal ini terinspirasi dari MBK dan Peugeot yang menghadirkan BMX dengan mesin namun tidak berjalan sukses.
 
Hal pertama yang dilakukan Tom Dun adalah menyematkan mesin Cub di sasis BMX. Cuma tampaknya sasis yang digunakan bukan untuk BMX, sudah di custom dengan berbagai komponen.
 
Dia membuat sasis ini dengan geometry yang sama Honda Cub. Kemudian agar mesin tergantung sempurna, antara mesin dan sasis di las.
 
Membenamkan Mesin Honda Cub di BMX
 
Di bagian roda belakang layaknya BMX umumnya, hanya menggunakan triangular seat dan rantai model fixed. Sedangkan di bagian depan di desain layaknya garpu di Cub yang sudah diperkuat dengan per-per.
 
Untuk mengakali tangki bensin, disembunyikan di frame depan. Tangki custom ini bisa memuat 1,2 liter bensin.
 
Meski idenya terbilang sederhana, tetapi Tom Dun tidak main-main untuk mengeksekusi BMX kencang ini. Dia menggunakan karburator Mikuni 28 mm, knalpot custom, sampai gear rationya juga diatur sedemikian rupa.
 
Membenamkan Mesin Honda Cub di BMX
 
Di sisi kaki-kaki, velg-nya menggunakan ukuran 17 inci yang dibalut ban Michelin. Beberapa komponen lainnya mulai dari handlebar, step untuk kaki, sampai standar samping menggunakan model untuk sepeda. Khusus untuk pedal sela mesin di modifikasi sesuai dengan kondisi BMX.
 
Alhasil tenaga mesinnya mencapai 15 daya kuda dengan bobot BMX hanya 66 kilogram. Dan perlu diingat bahwa BMX ini tidak untuk digunakan di jalanan umum karena regulasi di Prancis mengatur regulasi maksimal 50 cc.
 
"Bukan itu tujuannya, ini tentang bersenang-senang, seperti dirt bike atau BMX," tutup Tom Dun.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif