Norton Commando 850 kustom anut aliran flat tracker. Rideapart
Norton Commando 850 kustom anut aliran flat tracker. Rideapart

Norton Commando 850 Bergaya Flat Tracker Ini Tampil Modis

Otomotif modifikasi motor
M. Bagus Rachmanto • 05 Desember 2019 09:05
Perancis: Pemilik Norton Commando 850 kustom ini menyebutnya Bucephalus. Itulah nama julukan yang diberikan Alexander untuk si kuda besi tunggangan kesayangannya.
 
Diketahui kuda besi klasik buatan Inggris tahun produksi 1970-an itu sekarang berada di Perancis. Dibangun oleh FCR Original, bengkel custom yang berada di kota kecil atau pedesaan bernama Chauvigny itu menunjukkan kemahirannya dalam hal mengubah tampilan motor. Motor klasik Inggris tersebut, kini miliki wajah dan tampilan baru yang lebih modis, dan kental karakter motor Perancis yang dikenal dengan kota mode.
 
Secara visual, pemilihan car kelir warna biru permen di bagian tangki bahan bakar buatan tangan, menarik dan digarap rapi, dengan plat nomor yang dipasang di bagian depan. Ditambah pemasangan lampu halogen yang didesain menonjol menggunakan pelat secara asimetris. Flat track style bars small gauges dari MotoGadget, dan tuas dengan aksen krom mengkilap membuat tampilan kokpit telihat lebih menarik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menonjolkan bagian jantung mekanis alias mesin, FCR menelanjangi semua komponen yang menutupinya dan dengan memperlihatkan bingkai (frame) atau kerangka sepeda motor berlapis nikel, serta membangun kotak baterai khusus. Banyak perangkat keras pemasangan Commando dibuat oleh perusahaan, termasuk yang untuk kaliper rem depan dan pasak penumpang.
Norton Commando 850 Bergaya Flat Tracker Ini Tampil Modis
Komponen mesin parallel-twin dibangun kembali dengan yang lebih mudah disetel, yakni menggunakan karburator Mikuni VM38, menggantikan twin Amal carburetors bawaan asli motor. Dua header kustom yang terpasang bisa dibilang bising, tetapi FCR memasang beberapa peredam di bagian knalpot menggunakan pipa pendek.
 
Perubahan di sektor mesin tak dijabarkan secara rinci. Kemungkinan mereka masih mempertahankan mesin 828 cc air-cooled OHV parallel-twin yang disebut bisa menembus kecepatan maksimum 185 km per jam.
 
Agar kesan sporty semakin kuat, sang tuner fokus untuk memilih ban yang memberikan kesan gagah. Pemilihan ban Dunlop K180 berprofil ban semi-besar yang gemuk, dirasa sesuai dan melengkapi tongkrongan motor yang menganut aliran flat tracker ini.
 
Ada banyak yang bisa dikatakan untuk sepeda motor yang awal mulanya terlihat sederhana menjadi sesuatu yang istimewa. Norton Commando 850 ini adalah salah satu contoh motor kustom yang menarik dan tidak biasa kita lihat.
 
Terlihat keren, paduan antara ban dan tangki bahan bakar membuatnya terlihat menarik. Terlepas dari itu, motor kustom ini masih terbilang orisinil, namun dalam penggarapannya dibutuhkan keahlian yang sangat tinggi, detail dan teliti.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif