NEWSTICKER
Modifikasi Ducati Monster S2R bergaya cafe racer. Pipeburn
Modifikasi Ducati Monster S2R bergaya cafe racer. Pipeburn

Modifikasi Motor

Ducati Monster S2R Anut Aliran Retro Klasik Cafe Racer

Otomotif modifikasi motor
M. Bagus Rachmanto • 19 Februari 2020 15:15
Miami: Membuat modifikasi sebuah motor yang mengaplikasi konsep unik, memang tidak mudah. Tapi hal yang paling sulit dirasakan oleh rumah modifikasi Cohn Racers di Miami, Amerika adalah menemukan basis motor yang tepat untuk mereka modifikasi.
 
Kali ini mereka menetapkan Ducati Monster S2R adalah pilihan yang tepat untuk digarap sebagai motor yang memiliki genre classic race atau cafe race. Namun untuk menemukan motor yang benar-benar memiliki orisinalitas tinggi, tak mudah di negara bagian tersebut.
 
"Ini adalah Ducati Monster S2R tahun 2008 yang kami garap. Totalnya nanti ada 10 motor yang kami akan garap dengan konsep cafe racer yang lincah. Dan ini adalah motor ketiga. Nantinya motor-motor ini akan jadi raw model dan percontohan di 2019 nanti," ujar putra dari pemilik rumah modifikasi tersebut yaitu Cohn Jr, seperti dikutip Pipeburn.
Ducati S2R Cafe Racer, Cohn Racers Punya Gaya
Cohn Jr melanjutkan bahwa pencarian mereka akan model yang punya orisinalitas tinggi, sangat menyita waktu. "Kami sempat menemukan unit yang cukup bersih di Orlando. Serinya adalah S4R. Tapi sang pemilik ogah melepas motor itu. Tapi kami yakin masih bisa menemukan motor yang sama di luar sana."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski mendahulukan motor yang benar-benar punya orisinalitas tinggi dan jarak tempuh yang masih minim, namun Cohn tetap akan menggunakan pakemnya sendiri. Mereka akan mengacak-acak motor tersebut dan membuat sosok cafe racer yang sesuai dengan filosofi mereka.
 
"Paling utama kami kerjakan adalah memotong rangka bawaan dari pabrik. Kemudian membuat subrangka baru lalu mendesain jok motor kemudian membuat bagian plastik di motor seperti kondom tangki. Diganti dengan plat yang dibentuk secara khusus. Berikut dengan buntut tawonnya yang kami bangun dari bahan metal," imbuh Cohn.
Ducati S2R Cafe Racer, Cohn Racers Punya Gaya
Meski melakukan modifikasi lumayan rumit, namun total waktu pengerjaan motor ini diklaim hanya butuh 30 jam. Bagian lain seperti suspensi depan yang menggunakan Ohlins berdiameter 320 mm, tinggal pasang saja. Berikut juga dengan kabel-kabelnya.
 
Hasilnya terlihat lebih ciamik dari versi Monster bawaannya. Bahkan bobotnya juga berkurang drastis meski menggunakan bahan metal di beberapa bagian. Menarik bukan?

 

(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif