Instalasi <i>Car Audio</i> Tak Sesulit <i>Home Audio</i>
Sistem high-end audio milik Focal, pakai bahan bodi mobil F1. Medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Berbicara tentang audio mobil, banyak yang menegaskan bahwa sistemnya lebih 'njelimet' ketimbang home audio. Namun faktanya tidak demikian. Importir high-end audio di Indonesia yaitu MDI Audio menyatakan, bahwa sistem home audio lebih ribet ketimbang car audio atau sistem tata kelola suara dari speaker di mobil.

Untuk home audio, meski pakai audio sistem mahal, takkan membuat kualitasnya optimal ketika instalasi ruangan tak sesuai terutama soal speaker. Hal ditegaskan Managing Director MDI Audio, Mario Tantra, saat peluncuran produk high-end audio milik Focal yaitu Utopia III Evo dengan banderol Rp2,7 miliar dan Naim player (produsen head unit player milik Bentley) yaitu Unity Nova dengan harga Rp172 jutaan. Menurutnya, tidak benar adanya jika dikatakan sistem home audio lebih sederhana.

"Kalau instalasi audio di mobil, itu sudah ketahuan dimensi kabinnya dan bentuknya. Bahkan speaker yang digunakan pun sudah ditentukan. Tapi kalau home audio, instalasinya harus benar kalau mau mendapatkan suara yang benar-benar bisa dinikmati," klaim Mario saat ditemui di pameran audio di Menara Peninsula Hotel, Jakarta pada Sabtu (1/12/2018).


Instalasi yang Ia maksudkan adalah bukan soal teknis penggunaan kabel, besaran daya yang masuk dan beberapa hal detail lainnya. Namun lebih kepada tata kelola ruangan, penambahan sistem kedap suara di beberapa titik untuk menghilangkan resonansi, hingga penambahan bilah akustik untuk membelah, mengarahkan hingga membuat tone lebih baik.

"Sistem audio secanggih dan semahal apa pun yang digunakan untuk ruangan tertentu, kalau instalasi ruangan tidak benar, maka akan percuma. Suara yang sampai ke telinga tidak akan optimal level kenyamanan yang kita inginkan. Jadi walaupun kami menjual produk audio, namun kami takkan melepas barang begitu saja jika bukan kami sendiri yang memasangnya. Itu kami lakukan untuk memberikan kepuasan penuh terhadap kualitas audio ini."

Hal lain yang dititikberatkan Mario soal perbedaan audio di mobil dan di rumah adalah soal tidak adanya penambahan equalizer untuk home audio. Sementara untuk mobil masih diperkenankan adanya penambahan equalizer untuk alasan kenyamanan. Lantaran dimensi ruangan yang kecil juga butuh setup equalizer yang pas agar nyaman di telinga.

Hal itu juga yang menyebabkan MDI melakukan penjualan disertai dengan konsultasi hingga pemasangan unit. Ia menyebutkan, total anggaran untuk menikmati kualitas sistem high-end audio terbarunya ini butuh biaya hingga Rp5 miliar.

Kemudian apa yang membuat harga sistem audio ini sangat tinggi? Mario menjelaskan bahwa materialnya dibuat dari bahan yang sama dengan material bodi mobil Formula One. Termasuk bagian cone atau kun yang terlihat sangat kokoh namun sangat kuat dan ringan.



(UDA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id