Nikkei memperkirakan Nissan akan memproduksi sekitar 4,6 juta unit mobil di tahun fiskal mendatang
Nikkei memperkirakan Nissan akan memproduksi sekitar 4,6 juta unit mobil di tahun fiskal mendatang

Nissan Pangkas 15 Persen Produksi Global

Otomotif industri otomotif nissan
Ekawan Raharja • 20 April 2019 11:20
Yokohama: Nissan baru-baru ini mengumumkan langkah strategis mereka yang diterapkan di seluruh negeri. Diketahui pabrikan asal Jepang tersebut melakukan pemangkasan jumlah produksi di tahun fiskal 2019 - 2020.
 
Diketahui mereka akan memangkas 15 persen dari produksi kendaraan hingga akhir fiskal yang jatuh tempo pada Maret 2020. Langkah ini dilakukan mengingat pasar otomotif di secara global sedang lesu, terutama pasar mereka yang ada di Amerika Serikat menurun drastis.
 
Bahkan media asal Jepang, Nikkei, menyebutkan bahwa strategi ini adalah salah satu bentuk bentuk peralihan dari ekspansi agresif yang dilakukan oleh mantan Chairman Nissan Motor Corporation Carlos Ghosn. Nisan pun sudah memberikan sangkalan melalui keterangan resminya dan langkah ini tidak ada kaitannya dengan kasus Carlos Ghosn.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rencana ini rencananya akan diumumkan pada 14 Mei 2019 ketika perusahaan mengumumkan laporan keuangan untuk tahun fiskal sebelumnya. Kemudian Nikkei juga memperkirakan mereka akan memproduksi sekitar 4,6 juta unit mobil di tahun fiskal mendatang.
 
Tentu saja langkah ini akan sangat berpengaruh terhadap aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Salah satunya dengan penurunan pendapatan yang dihasilkan oleh aliansi ketiga merek tersebut.
 
Belum diketahui apakah kebijakan ini akan berpengaruh terhadap Nissan Indonesia. Mengingat Nissan memiliki fasilitas produksi di Indonesia, yang saat ini memproduksi mobil-mobil dari Datsun.
 
Sebelumnya Nissan juga sempat memproduksi Livina di fasilitas produksinya. Tetapi sekarang produksi All New Livina di pindah ke pabrik Mitsubishi mengingat MPV jagoannya tersebut menggunakan basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif