Volkswagen Tiguan Allspace ditawarkan dengan banderol harga Rp598 juta (on the road DKI Jakarta). PM
Volkswagen Tiguan Allspace ditawarkan dengan banderol harga Rp598 juta (on the road DKI Jakarta). PM

Impresi Perdana Menjadi Penumpang All New Volkswagen Tiguan Allspace

Otomotif test drive volkswagen autogear
Ekawan Raharja • 10 November 2019 17:35
Jakarta: Pilihan sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang di Indonesia dengan rentan harga sekitar Rp500 juta semakin banyak di tanah air, terlebih Volkswagen kini masuk ke segmen tersebut melalui All New Tiguan Allspace. Tentu, masuknya SUV dengan monokok sasis ini cukup menarik karena rata-rata pemain di segmen ini adalah produsen mobil dari Jepang.
 
Tim Medcom.id mendapatkan kesempatan mencoba duduk sebagai penumpang dan berkeliling wilayah Senayan, Jakarta, untuk merasakan sejauh mana kenyamanan yang ditawarkan oleh SUV Eropa satu ini. Passenger tester Medcom.id memiliki postur 165 cm dengan bobot 68 kg ini mencoba untuk duduk di kursi baris kedua dan ketiga. Pilihan baris kedua dirasa adalah posisi paling pas untuk merasakan posisi sebagai penumpang.
 
Tiguan Allspace menggunakan platform MQB (modular transverse matrix) yang diklaim mampu meningkatkan semua keunggulan Tiguan sebelumnya. SUV 7-penumpang ini memiliki dimensi lebih besar, plus jarak sumbu roda yang 77 mm lebih panjang dibanding generasi sebelumnya, menawarkan ruang kabin yang lebih leluasa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Impresi Perdana Menjadi Penumpang All New Volkswagen Tiguan Allspace
 
Ketika masuk pertama kali ke dalam kabin, khususnya di jok baris kedua, nuansa mewah, lega, dan sporty coba ditawarkan mobil ini. Di bagian kursi penumpang, mobil ini memiliki headroom yang jauh dari kepala, kemudian jarak antara kaki dan jok di depan juga terasa cukup luas. Desain jok juga cukup ergonomis bagi tubuh karena menyangga punggung dengan baik.
 
Kemudian untuk menunjang aktivitas, terdapat meja lipat di depannya yang juga dilengkapi dengan cup holder untuk meletakan minuman, kompartemen untuk menyimpan kacamata hitam di atas konsol tengah, serta AC double blower di belakang konsol tengah penumpang depan dengan fitur yang bisa diatur suhunya.
 
Impresi Perdana Menjadi Penumpang All New Volkswagen Tiguan Allspace
 
Namun kondisi berbeda ketika masuk ke jok belakang, jok baris ketiga, karena ruang yang ditawarkan sempit untuk tester passenger Medcom.id. Bahkan untuk orang dengan postur badan di atas 170 cm sudah tidak muat duduk di belakang. Sebaiknya jok bagian ketiga diperuntukan bagi penumpang anak-anak atau dilipat agar mendapatkan ruang bagasi yang lebih luas.
 
Posisi AC double blower di bawah di baris kedua, membuat semburan AC tidak terasa sampai ke belakang. Mungkin Volkswagen bisa menyediakan kisi-kisi AC di atas kiri dan kanan untuk penumpang baris ketiga agar mendapatkan AC lebih banyak juga.
 
Soal kenyamanan selama perjalanan, suspensi milik All New Tiguan Allspace perlu diacungi jempol karena terasa nyaman, meski mobil beberapa kali melewati jalan bergelombang. Bahkan ketika menikung, body roll minim terasa sehingga bisa mengurangi kelelahan akibat perjalanan bersama mobil.
 
Impresi Perdana Menjadi Penumpang All New Volkswagen Tiguan Allspace
 
Volkswagen yakin Tiguan Allspace dapat mencuri perhatian konsumen karena memiliki konfigurasi tujuh penumpang dengan banderol Rp598 juta (on the road Jakarta). Tiguan Allspace bisa menjadi pilihan bagi konsumen yang mencari SUV tujuh penumpang seperti Honda CR-V dan Hyundai Santa Fe.
 
Secara ukuran, mobil ini menjadi lawan yang sepadan untuk CR-V dan Santa Fe karena memiliki harga yang mirip. Sebagai perbandingan saja, CR-V ditawarkan dengan harga mulai dari Rp444,5 juta hingga Rp518 juta, sedangkan Santa Fe dibanderol mulai dari Rp526 juta hingga Rp643 juta (on the road DKI Jakarta).
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif