Mengencangkan baut roda mobil teralu keras bisa merusak drat. AutoServiceProfessional
Mengencangkan baut roda mobil teralu keras bisa merusak drat. AutoServiceProfessional

Begini Cara Mengencangkan Baut Roda yang Benar

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 08 September 2019 10:44
Jakarta: Mencopot dan memasang ban merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap pemilik mobil. Tentu ketika memasang kembali baut roda tidak boleh dilakukan secara asal-asalan.
 
Saat melepas baut-baut roda yang sulit dikendurkan, tak jarang kita melakukannya dengan cara menginjak kunci pembukanya atau menggunakan alat bantu seperti pipa besi. Tapi jangan sampai saat memasang kembali roda dan mengencangkan baut-bautnya, dilakukan dengan cara sama seperti melepas ban, alias menginjak kunci atau menggunakan pipa besi.
 
Mekanik di salah satu bengkel mobil di Serang, Rangga, menjelaskan ada tekniknya untuk memasang baut roda. Sangat dilarang untuk mengencangkan buat roda dengan cara mengencangkan baut secara berurutan.
Begini Cara Mengencangkan Baut Roda yang Benar
"Kalau mengencengkan baut secara berurutan, maka daya ikatnya tidak merata. Bahaya bisa membuat roda goyang ketika mobil berjalan kencang," ujar Rangga kepada Medcom.id, beberapa watktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memberitahukan pemasangan mur roda harus dilakukan dalam posisi menyilang. Karena saat memasang dalam posisi menyilang, beban atau daya tekan dari baut ke pelek akan merata. Seain itu mengencangkan baut roda tidak perlu sampai diinjak. Cukup dengan tangan saja dan cukup anda tambahkan tekanan sebanyak 1/8 putaran dari kekencangan awal.
 
Nah sudah tahu teknik dasar untuk mengencangkan buat roda bukan? Jadi kalau habis bongkar roda, jangan sembangan untuk memasang bautnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif