Kia sekarang ini sudah berada di bawah PT Indomobil Sukses Internasional, diambil alih dari PT Kia Mobil Indonesia. Hyundai
Kia sekarang ini sudah berada di bawah PT Indomobil Sukses Internasional, diambil alih dari PT Kia Mobil Indonesia. Hyundai

Industri Otomotif

Pabrik Hyundai di Indonesia Bukan untuk KIA

Otomotif industri otomotif hyundai
Ekawan Raharja • 31 Juli 2019 16:00
BSD City: Rencana Hyundai untuk membangun pabrik produksi di tanah air semakin dekat. Cuma perlu digaris bawahi bahwa pabrik itu hanya untuk memproduksi mobil Hyundai, tidak termasuk Kia.
 
Seperti yang diketahui, Hyundai memiliki saham di Kia yang membuat keduanya bisa saling melakukan kerja sama. Khusus untuk pabrik di Indonesia ini memang diperuntukan memproduksi mobil Hyundai.
 
"Tidak termasuk Kia, karena Kia sudah di bawah Indomobil Grup," ungkap Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi, di GIIAS 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kia sekarang ini sudah berada di bawah PT Indomobil Sukses Internasional, diambil alih dari PT Kia Mobil Indonesia. Melihat kondisinya sekarang, Kia menjadi saudara Suzuki, Nissan, Hino, Audi, dan Volkswagen di bawah panji Indomobil Grup.
 
Yohannes Nangoi memperkirakan Kia bisa saja memberikan memberikan investasinya di tanah air. "Saya tidak punya wewenang untuk menyampaikan informasi ini, tunggu saja" sambutnya.
 
Di sektor industri otomotif salah satu produsen kendaraan asal Korea Selatan, Hyundai, menjadi salah satu pelaku industri yang berminat untuk menanamkan investasi di Indonesia. Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menuturkan Presiden merespons positif rencana investasi Hyundai Motors Group di sektor yang ditargetkan menjadi andalan ekspor Indonesia ke depan. Hyundai berencana mengekspor 40 persen dari produksinya di Tanah Air, sedangkan 60 persen ditujukan bagi pasar domestik.
 
Rencananya, Hyundai mulai berproduksi pada tahun 2021 dengan kapasitas hingga 250 ribu unit per tahun. Jenis kendaraan yang bakal digarap di Indonesia, antara lain SUV, MPV, hatchback, dan sedan. Nantinya, pabrik Hyundai di Indonesia ditargetkan menyerap tenaga kerja sebanyak 3.500 orang.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif