Davy melihat jika mengandalkan skema impor utuh, daya saing Triber akan tertahan oleh kuota impor. Medcom.id/Ekawan Raharja
Davy melihat jika mengandalkan skema impor utuh, daya saing Triber akan tertahan oleh kuota impor. Medcom.id/Ekawan Raharja

Impian Renault Indonesia Rakit Triber di Tanah Air

Otomotif mobil baru renault
Ekawan Raharja • 13 Juli 2019 16:00
Bintaro: Renault Indonesia akan memasarkan Triber di Indonesia dengan cara mendatangkan utuh (completely build up/CBU) dari India. Merek asal Prancis ini berharap bisa membawa mobil keluarga ini ke Indonesia dengan skema rakitan lokal (completely knocked down/CKD).
 
Chief Operation Officer PT Maxindo Renault Indonesia, Davy J Tuilan, mengatakan memiliki impian untuk bisa merakit Triber di Indonesia. Meski tidak memiliki pabrik di Indonesia, namun Renault memiliki saudara Nissan dan Mitsubishi yang memiliki pabrik cukup besar di tanah air.
 
"Kami ada rencana melakukan CKD di Indonesia. Apakah akan bekerja sama dengan aliansi nanti masih akan didiskusikan," ujar Davy J Tuilan Jumat (12/7/2019) Bintaro Tangerang Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Disebutkan lebih lanjut bahwa saat ini Renault global sudah melakukan pembicaraan dengan Mitsubishi dan Nissan mengenai skena CKD tersebut di Indonesia. Hanya saja rencana ini masih lama, dan masih banyak visibilitas yang harus diperhatikan sebelum rencana CKD di Indonesia dilakukan.
 
Impian Renault Indonesia Rakit Triber di Tanah Air
 
Davy melihat jika mengandalkan skema impor utuh, daya saing Triber akan tertahan oleh kuota impor. Sehingga diperlukan skema CKD untuk bisa menjaga daya saing, dan bisa membantu perekonomian negara.
 
“Kita mengerti untuk bisa bersaing dengan lebih heboh memang harus dalam bentuk CKD. Apalagi Renault Indonesia termasuk penanaman modal dalam negeri (PMDR) , jadi kita punya nasionalisme gimana caranya produk ini bisa membawa value untuk bangsa Indonesia,” terang Davy.
 
Sayangnya Davy J Tuilan masih malu-malu untuk mengungkapkan harganya kepada rekan-rekan media. Hanya saja dia tidak melarang konsumen yang ingin melakukan pemesanan ke dealer meskipun harganya belum diumumkan. "Berkali-kali saya bilang, pasti akan buat kaget."
 
Bila dipasarkan untuk pasar otomotif tanah air, Triber akan membuka segmen baru yang cukup unik. Mengingat sudah jarang MPV yang menggunakan mesin 1.000 cc, tersisa Karimun Wagon R yang dibuat dengan skema produksi LCGC. Sedangkan untuk desainnya tampaknya Datsun Cross memiliki desain yang cukup serupa dengan Triber.

 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif