Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali membuka layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) yang sebelumnya dihentikan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya kembali membuka layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) yang sebelumnya dihentikan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

SIM

Dispensasi Perpanjangan SIM Kini Sampai Akhir Agustus 2020

Otomotif sim
Ekawan Raharja • 11 Juni 2020 18:07
Jakarta:Polda Metro Jaya akhirnya memberikan kelonggaran lebih lama bagi masyarakat yang ingin mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Kini masyarakat yang ada di Jabodetabek mendapatkan dispensasi perpanjangan SIM hingga akhir Agustus 2020.
 
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, dispensasi diberikan bagi pemegang SIM yang masa berlakunya habis pada 17 Maret-29 Mei 2020. "Diberikan dispensasi perpanjangan 2 Juni hingga 31 Agustus 2020," kata Kombes Sambodo dikutip dari Korlantas Polri.
 
Dirlantas mengatakan, dispensasi ini diberikan mengingat situasi pandemik Virus Corona yang belum landai. Di sisi lain layanan gerai SIM di mal-mal belum beroperasi karena pusat perbelanjaan belum dibuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Layanan perpanjangan SIM sempat membeludak di sejumlah Satpas yang ada di DKI Jakarta dan sekitarnya. Animo masyarakat yang cukup tinggi membuat layanan SIM membeludak.
 
Di sisi lain, polisi membatasi kuota pemohon agar kantor pelayanan tidak terjadi kerumunan. Untuk mengantisipasi antrean panjang, polisi membuka layanan SIM keliling di beberapa tempat.

Dispensasi SIM Kebijakan Masing-Masing Polda

Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Drs Istiono M.H., mengakui Polda Metro Jaya merupakan satu diantara beberapa Polda lainnya yang mengambil kebijakan memperpanjang waktu dispensasi tersebut hingga 31 Agustus 2020. Langkah ini diambil lantaran tingginya animo masyarakat yang ingin mengurus SIM mereka.
 
Selain Polda Metro, Polda Kalimantan Timur dan Polda Jawa Timur juga memperpanjang waktu dispensasi untuk pengurusan SIM. Keputusan memperpanjang waktu dispensasi SIM merupakan kebijakan dari Polda masing-masing daerah.
 
"Itu kebijakan Polda masing-masing. Sedari awal saya sudah sampaikan ini situasional jika antusias warga tetap tinggi bisa diperpanjang waktu dispensasinya," terangnya.
 
Korlantas Polri memberikan waktu dispensasi selama satu bulan mulai 2 Juni-30 Juni 2020 bagi masyarakat yang SIM-nya habis di masa pandemi corona yakni 17 Maret 2020, April hingga 29 Mei 2020.
 
Karena membeludaknya warga yang mengurus SIM hingga mengabaikan protokol kesehatan karena saling berdesakan, akhirnya beberapa Polda mengambil kebijakan memperpanjang waktu dispensasi. Perpanjangan waktu itu sudah dilaporkan dan direstui oleh Korlantas Polri.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif