Ilustrasi mesin motor Kawasaki. Kawasaki
Ilustrasi mesin motor Kawasaki. Kawasaki

Teknologi Otomotif

Kawasaki & Yamaha Kolaborasi Kembangkan Mesin Hidrogen

Ekawan Raharja • 05 Januari 2022 15:00
Minato: Industri otomotif sekarang ini, khususnya kendaraan bermotor roda dua, sedang masif mengembangkan sepeda motor bertenaga listrik. Meski demikian, bukan berarti mesin dengan pembakaran di dalam (internal combustion engine/ICE) ditinggalkan begitu saja.
 
Kawasaki dan Yamaha menunjukan minat mereka dengan mesin ICE selama ini menjadi modal utama sepeda motor. Bedanya kali ini mereka mengembangkan mesin ICE yang lebih ramah lingkungan dengan energi alternatif yang bisa diperbarui.
 
Kedua merek ini berencana menghadirkan mesin dengan teknologi hidrogen. Hal ini sangat memungkinkan karena Kawasaki Heavy Industries merupakan pemilik hidrogen cair pertama di dunia yang disebut The Suiso Frontier.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mesin ini bahkan tidak hanya untuk kendaraan bermotor saja, namun juga untuk peralatan tugas berat seperti kapal darat dan kapal laut, serta generator turbin bertenaga hidrogen. Sehingga diharapkan teknologi ini bisa menyumbang kualitas udara yang lebih sehat di masa depan.
 
Visi mesin ramah lingkungan ini ternyata sejalan dengan visi Yamaha untuk menghadirkan netralitas karbon di seluruh produk merek per tahun 2050. Kondisi ini kemudian yang membuat merek berlogo garpu tala ini kemudian bergabung untuk ikut dalam pengembangan.
 
ejauh ini, belum ada informasi terkait model apa yang akan mereka luncurkan dengan penggunaan mesin hidrogen tersebut. Namun, keberadaan mesin tersebut patut ditunggu karena sejauh ini baru pabrikan mobil saja yang memperkenalkan mesin hidrogen mereka.
 
(ERA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif