Triber menggunakan rancang bangun CMF-A seperti yang digunakan oleh Kwid yang menjadi mobil entry-level saudara Nissan dan Mitsubishi tersebut. Renault
Triber menggunakan rancang bangun CMF-A seperti yang digunakan oleh Kwid yang menjadi mobil entry-level saudara Nissan dan Mitsubishi tersebut. Renault

Renault Mainkan Kelas Low MPV Lewat Triber

Otomotif mobil baru renault
Ekawan Raharja • 21 Juni 2019 07:27
Jakarta: Renault akhirnya memperkenalkan Triber untuk pertama kalinya di dunia pada Rabu (19/6/2019) waktu India. Mobil ini menganut desain mobil keluarga, dengan tujuh penumpang, dan termasuk ke dalam jenis multi purpose vehicle (MPV) dengan gaya yang kental nuansa sport utility vehicle (SUV) .
 
Produsen mobil asal Prancis tersebut merancang Triber dengan melihat kebutuhan di pasar India. Akhirnya Triber di desain dengan ukuran yang compact, namun bisa menampung banyak penumpang dan barang bawaan.
 
Renault Mainkan Kelas Low MPV Lewat Triber

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Triber menggunakan rancang bangun CMF-A seperti yang digunakan oleh Kwid yang menjadi mobil entry-level saudara Nissan dan Mitsubishi tersebut. Dimensinya tercatat 3.990 mm x 1.739 mm x 1.643 mm (PxLxT), dengan jarak sumbu roda 2.636 mm dan berat bersihnya hanya 947 kg.
 
Mobil ini memiliki konfigurasi tempat duduk 5+2, dimana bagian belakang bisa difungsikan sebagai bagasi atau tempat duduk. Sehingga mobil ini memiliki beragam fungsi yang dibutuhkan oleh penumpangnya.
 
Renault Mainkan Kelas Low MPV Lewat Triber
 
Di sektor mesin, terbaring mesin BR10 3-silinder segaris 1.000 cc dengan tenaga 72 daya kuda dan torsi 96 nm. Mekanis penggerak ini sama dengan yang digunakan oleh Renault Kwid, Clio, dan Dacia Sandero.
 
Sayangnya Triber ketika diperkenalkan masih menggunakan transmisi manual lima-percepatan. Tidak menutup kemungkinan di masa mendatang akan ada model transmisi otomatis untuk konsumennya.
 
Renault Mainkan Kelas Low MPV Lewat Triber
 
Meski tergolong MPV, Triber memiliki banyak sentuhan SUV seperti ciri khas dari Renault. Di mulai dari pelindung fender warna hitam, rack roof, sampai lekuk unik bagian kaca samping di pilar C.
 
Sedangkan bagian interior cukup modern dengan penyematan beberapa perangkat digital. Mulai dari head unit layar sentuh dengan fitur Android Auto, Apple CarPlay, Push-to-talk, video playback, cluster meter model digital dihadapan pengemudi, dan tombol push start/stop. Sayangnya di bagian lingkar kemudi cukup polos tanpa steering wheel control untuk mengatur head unit.
 
Renault Mainkan Kelas Low MPV Lewat Triber
 
Daftar fitur keselamatan yang ada pada Triber yakni dua airbag, antilock braking system (ABS), sensor parkir, dan sistem peringatan kecepatan sebagai standar. Di varian termahal Triber mendapatkan kamera parkir dan lebih banyak airbag.
 
Triber rencananya akan lahir di fasilitas produksi Renault yang berada di Chennai India dengan harga yang kompetitif. Nanti mobil ini juga akan dipasarkan ke beragam negara di Asia, termasuk juga di Indonesia.
 
Bila masuk ke Indonesia, Triber akan membuka segmen baru yang cukup unik. Mengingat sudah jarang MPV yang menggunakan mesin 1.000 cc, tersisa Karimun Wagon R yang dibuat dengan skema produksi LCGC. Sedangkan untuk desainnya tampaknya Datsun Cross memiliki desain yang cukup familiar dengan Triber.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif