NEWSTICKER
Rancang bangun Senna XP mengadopsi dari mobil yang digunakan Ayrton Senna. McLaren
Rancang bangun Senna XP mengadopsi dari mobil yang digunakan Ayrton Senna. McLaren

Mobil Baru

McLaren Senna XP, Penghormatan Kepada Ayrton Senna

Otomotif mobil baru mclaren
Ekawan Raharja • 23 Desember 2019 15:36
California: McLaren meluncurkan seri khusus yang hanya tercipta tiga unit saja dan kemudian diberi nama Senna XP. Mobil ini diciptakan dengan performa khusus khas super car dan penghormatan kepada salah satu legenda Formula One (F1) Ayrton Senna.
 
Seperti yang diketahui, Ayrton Senna menjadi juara dunia F1 dengan menggunakan mobil racikan McLaren. Hingga saat ini, prestasi yang ditorehkan pembalap asal Brazil tersebut tidak akan pernah terlupakan dan menjadi salah satu portofolio kemampuan merek asal Inggris ini meracik mobil dengan performa yang mengagumkan.
 
Kemudian nama XP yang disematkan diambil dari Experimental Prototype atau versi uji. Supercar ini dibuat oleh McLaren Special Operation (MSO). Ada sejumlah desain dan teknologi yang memang dikhususkan untuk mobil langka tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


McLaren Senna XP, Penghormatan Kepada Ayrton Senna
 
Rancang bangun Senna XP mengadopsi dari mobil yang digunakan Ayrton Senna, kemudian dipadukan dengan body bermaterial karbon fiber yang dikenal ringan namun kuat. Tak pelak, MSO membutuhkan waktu sekitar 780 jam untuk bisa menyelesaikan super car ini.
 
Urusan jantung pacunya menggunakan mesin V8 3.900 cc dengan lontaran tenaga sebesar 789 daya kuda dan torsi 799 Nm. Di atas kertas mobil ini mampu melesat dari 0-100 kilometer per jam hanya dalam 2.8 detik, serta kecepatan maksimum yang diraih oleh mobil ini adalah 340 kilometer per jam.
 
Mengingat super car ini dirancang oleh MSO, ada personalisasi yang diberikan untuk ketiga Senna XP. Ketiga mobil ini mempunyai ciri khas berbeda serta nama berbeda.
 
McLaren Senna XP, Penghormatan Kepada Ayrton Senna
 
Mobil Pertama diberi nama Master of Monaco XP yang bermaksud untuk merayakan 6 kali kemenangan Senna di Monako dan mempunyai eksterior yang berwarna merah-putih dan interior yang berwarna merah.
 
Mobil kedua diberi nama Lap of The Gods XP yang menunjukkan pada saat Senna membalap dari posisi kelima hingga posisi pertama di Donington Park. Untuk itu Mclaren memberi warna two tone merah dan biru.
 
Mobil ketiga diberi nama Home Victory XP yang bertujuan untuk menghormati negara asal Senna yaitu Brazil sekaligus merayakan kemenangan pertamanya di sana pada 1991. Mclaren memberikan warna two tone hijau dan kuning pada jenis ini.
 
Tertarik membawanya pulang? Mclaren mematok harga sekitar USD1.5 juta atau sekitar Rp20 miliar.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif